Proses Kegiatan Sertifikasi Guru dengan Pola SG-PPG selama 5,5 Bulan. - foldersoal.com


Sebelum kita bahas apa saja kegiatan dalam SG-PPG dalam sergur 2016 kali ini, perlu kiranya rekan guru ketahui info seputar SG-PPG 2016.

  • Kriteria penetapan peserta SG-PPG diurutkan dengan prioritas: Nilai UKG, Usia, Masa kerja dan Golongan kepangkatan.
  • Pelaksanaan SG-PPG diselenggarakan oleh perguruan tinggi yang menyelenggarakan program pengadaan tenaga kependidikan yang terakreditasi minimal B dan ditetapkan oleh pemerintah (Kemenristekdikti).
  • Guru yang memenuhi persyaratan administrasi mengikuti seleksi masuk sebagai peserta SG-PPG di LPTK.
  • Bagi guru yang lulus seleksi masuk SG-PPG selanjutnya mengikuti tahapan: workshop 1, PPL 1, workshop 2, dan PPL 2. (total memakan waktu kurang lebih 5,5 bulan)

Berikut ini kegiatan yang dilaksanakan selama PPG 2016

A. Kegiatan Workshop 1 dan PPL 1
Workshop 1 = 10 SKS (IN 1)
Penugasan di Sekolah (PPL1) (3 SKS) = 8 hari (10 JP per hari)

Tagihan penugasan identifikasi problematika pembelajaran/ layanan di sekolah meliputi:

  1. analisis kesulitan dan kelemahan kinerja belajar siswa
  2. Perilaku/sikap belajar siswa
  3. Penguasaan materi
  4. Analisis kesulitan dan kelemahan dalam pembelajaran.
  5. Analisis kurikulum SK/KI dan KD
  6. Pendekatan/model/ metode pembelajaran
  7. Media pembelajaran
  8. Pengelolaan kelas
  9. Penilaian hasil belajar
  10. Analisis hasil penilaian
Workshop 1 = 10 SKS (IN 1)
7 SKS di LPTK = 20 hari (10 JP per hari)


  • Pengembangan Konsep dan penerapan Techno Pedagogical Content Knowledge (TPACK).
  • Pengembangan perangkat pembelajaran atau perangkat layanan bagi guru BK dan TIK melalui penugasan individual
  • Peer Teaching/Peer GC/Layanan TIK
  • Penyusunan draft proposal PTK/Lesson Study/PTBK/PTTIK (akan difinalkan pada WS-2)
  • Ujian tulis dengan 3 kali kesempatan ujian. Peserta yg lulus ujian tulis  berhak mengikuti kegiatan berikutnya.

PPL 1 = 6 SKS (ON 1)
6 SKS: 37 hari kerja (6 jam per hari)

  • Penerapan perangkat pembelajaran atau perangkat layanan bagi guru BK dan TIK di sekolah masing-masing yang disupervisi oleh petugas yang ditunjuk.
  • Diakhiri dengan ujian kinerja dengan penguji supervisor pendamping, diberi kesempatan 3 kali ujian

B. Kegiatan Workshop 2 dan PPL 2
Workshop 2 = 12 SKS (IN 2)
9 SKS di LPTK = 25 hari (10 JP per hari)

  • Refleksi hasil penugasan identifikasi problematika pembelajaran/ layanan di sekolah melalui FGD
  • Pengembangan perangkat pembelajaran atau perangkat layanan bagi guru BK dan TIK melalui penugasan individual
  • Peer Teaching/Peer GC/Layanan TIK
  • Penyusunan proposal PTK/Lesson Study/PTBK/PTTIK (pengembangan dari draft proposal pada WS-1)
  • Ujian tulis dengan 3 kali kesempatan ujian. Peserta yg lulus ujian tulis berhak mendapat sertifikat mengikuti kegiatan

PPL 2 = 8 SKS (ON 2)
8 SKS: 50 hari kerja (6 jam per hari)

  • Penerapan perangkat pembelajaran atau perangkat layanan bagi guru BK dan TIK di sekolah masing-masing dengan supervisi oleh petugas yang ditunjuk.
  • Praktek persekolahan (manajemen persekolahaan, pembinaan perpustakaan, partisipasi dalam kegiatan ekstra kurikuler, pembinaan OSIS, dll.)
  • Pelaksanaan PTK/Lesson Study/PTBK/PTTIK
  • Diakhiri dengan ujian kinerja dengan 2 penguji, yaitu asesor dari LPTK dan supervisor pendamping, diberi kesempatan 3 kali ujian

Workshop 2 = 12 SKS (IN 2)
3 SKS Penugasan di Sekolah = 8 hari (10 JP per hari)

  • Tagihan penugasan identifikasi problematika pembelajaran/layanan di sekolah sama dengan kegiatan penugasan pada workshop 1

SerGur-PPGJ dilaksanakan untuk menghasilkan capaian pembelajaran (CP) Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) level 7, dengan tujuan:

  1. seperangkat pengetahuan, sikap, keterampilan, dan tanggung jawab untuk merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran;
  2. seperangkat pengetahuan, sikap, keterampilan, dan tanggung jawab untuk membentuk kepribadian yang berintegritas, taat regulasi, berjiwa gotong royong, memiliki etos kerja, dan semangat bela negara;
  3. seperangkat pengetahuan, sikap, keterampilan, dan tanggung jawab untuk berkomunikasi, berinteraksi, serta beradaptasi di lingkungan sekolah dan masyarakat; dan
  4. seperangkat pengetahuan, sikap, keterampilan, dan tanggung jawab untuk menguasai struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang harus dimiliki, dihayati, dan diaktualisasikan oleh guru
Baca Juga : Jadwal Pelaksanaan Sertifikasi Guru 2016

Berbagai Sumber

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel