40 Soal Latihan Ujian Sekolah (Us) Ipa Sd/Mi 2019 Dan Kunci Jawaban - foldersoal.com
Monday, 11 May 2015
Edit
Latihan Soal US IPA Kelas 6 SD/MI 2019 beserta Kunci Jawabannya_Di bawah ini 40 butir soal Tryout Ujian Sekolah Mapel Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) SD/MI yang disusun oleh Bapak Onny Rudianto menurut kisi-kisi US IPA SD/MI.
Soal Latihan Ujian Sekolah (US) IPA SD/MI 2019 dan Kunci Jawaban
1. Ikan kerapu mempunyai bentuk kulit yang ibarat dengan batuan karang di sekitarnya. Fungsi
ciri khusus tersebut ialah . . . .
A. melindungi diri dari pemangsa
B. memudahkan menemukan mangsa
C. memudahkan menemukan pasangannya
D. mencegah binatang lain menjadi benalu di tubuhnya
2. Perhatikan gambar-gambar binatang berikut!
Berdasarkan jenis makanannya, kedua binatang tersebut dimasukkan ke dalam kelompok yang sama, yaitu . . . .
A. pemakan daun-daunan
B. pemakan biji-bijian
C. pemakan daging
D. pemakan nektar
3. Perhatikan rantai kuliner berikut!
Makhluk hidup yang sempurna untuk melengkapi (I), (II), dan (III) pada rantai kuliner tersebut adalah
. . . .
A. (I): ulat, (II): ular, dan (III): sapi
B. (I): ulat, (II): ular, dan (III): burung elang
C. (I): ular, (II): ulat, dan (III): burung elang
D. (I): ayam, (II): ular, dan (III): burung merpati
4. Alasan terjadinya interaksi kedua makhluk hidup pada gambar berikut ialah . . . .
A. ikan badut akan memakan benalu yang melekat pada tentakel anemon, sedangkan anemon akan melindungi ikan badut dari pemangsa
B. ikan badut mendapat kuliner dari kotoran anemon laut, sedangkan anemon maritim dirugikan alasannya ialah ikan badut membuang kotorannya di sekitarnya
C. ikan badut mendapat kuliner dari anemon laut, sedangkan anemon maritim diuntungkan alasannya ialah benalu yang melekat dimakan oleh ikan badut
D. keberadaan ikan badut di dalam anemon maritim sanggup menimbulkan kematian pada anemon alasannya ialah anak ikan badut memakan anemon
5. Tumbuhan-tumbuhan berikut yang sanggup dikembangbiakkan dengan cara menyetek dan tunas
adventif, yaitu . . . .
6. Kupu-kupu mencari kuliner di lingkungan yang mempunyai tumbuhan dengan bunga bermekaran. Cara pembiasaan diri kupu-kupu terhadap lingkungannya ialah . . . .
A. bentuk verbal mirip jarum untuk mengambil cairan buah
B. bentuk verbal mirip belalai untuk memudahkan mengambil nektar
C. bentuk kaki yang tebal dan lengket untuk merayap di dinding dan batang pohon
D. bentuk sayap mirip mata burung pemangsa untuk menakuti pemakan serangga
7. Melestarikan hutan bakau di tempat pesisir sangat penting bagi lingkungan. Hal ini dikarenakan hutan bakau mempunyai kegunaan untuk . . . .
A. mengurangi dampak erosi pantai oleh hantaman ombak
B. mengurangi populasi larva udang, capung, dan kepiting
C. mencegah banjir dan tanah longsor ketika isu terkini hujan
D. meningkatkan kesejahteraan penduduk pesisir
8. Upaya yang termasuk pencegahan banjir di tempat perkotaan ialah . . . .
A. memperbanyak pembangunan permukiman penduduk
B. membersihkan jalan masuk air dari sampah dan lumpur
C. membangun lapangan di sentra kota
D. menebang pepohonan di jalur hijau
9. Manfaat batang tebu bagi insan ialah . . . .
A. materi baku industri sirop dan gula pasir
B. fondasi bangunan rumah atau jembatan
C. materi baku pembuat atap rumah
D. materi baku pembuatan sampan
10. Perhatikan bagan daur hidup binatang berikut!
Tahapan metamorfosis binatang yang menguntungkan bagi industri kain sutra ditunjukkan oleh angka . . . .
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
11. Perhatikan gambar rangka insan di bawah ini!
Jenis sendi yang terdapat pada pecahan badan yang ditunjuk oleh angka 1 dan 2 berturut-turut, yaitu . . . .
A. putar dan peluru
B. engsel dan peluru
C. pelana dan engsel
D. pelana dan peluru
12. Fungsi pecahan indera pendengaran yang ditunjuk anak panah pada gambar di bawah ini ialah . . . .
A. menangkap getaran bunyi
B. menjaga keseimbangan tekanan udara
C. mengolah dan meneruskan getaran ke otak
D. meneruskan getaran bunyi ke indera pendengaran pecahan dalam
13. Perhatikan gambar sistem pernapasan di bawah!
Fungsi pecahan yang ditunjuk oleh X ialah . . . .
A. tempat masuknya udara
B. tempat penyaringan udara tahap kedua
C. tempat pertukaran oksigen dan karbon dioksida
D. jalan masuk keluar-masuknya udara dari dan ke paru-paru
14. Berikut merupakan penyakit yang menyerang sel-sel darah merah ialah . . . .
A. hepatitis
B. leukemia
C. hipertensi
D. diabetes melitus
15. Fungsi ginjal insan ialah . . . .
A. menghasilkan sel darah merah
B. menyaring darah dan membentuk urine
C. menghasilkan enzim amilase dan lipase
D. memompa darah kaya oksigen ke seluruh tubuh
16. Perhatikan tabel benda dan sifatnya berikut!
Berdasarkan tabel tersebut, pasangan benda dan sifatnya yang sempurna ialah . . . .
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 2 dan 4
D. 3 dan 4
17. Perhatikan tabel kegiatan dan perubahan wujud yang terjadi berikut!
Berdasarkan tabel tersebut, pasangan kegiatan dan perubahan wujud yang sempurna ialah . . . .
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
18. Halaman pada buku renta biasanya ringkih dan tampak berbercak-bercak hitam. Hal tersebut dikarenakan . . . .
A. pertumbuhan jamur yang menimbulkan pelapukan
B. kegiatan basil pembusuk yang memakan serat kertas
C. reaksi kimia antara udara dengan air yang melekat pada kertas
D. kertas yang sudah tergoda usia akan menghasilkan bercak hitam
19. Perhatikan gambar berikut!
Air di pecahan permukaan daun lama-kelamaan akan bergerak ke bawah kemudian jatuh ke tanah. Gaya yang bekerja pada air tersebut ialah . . . .
A. gaya gesek
B. gaya pegas
C. gaya magnet
D. gaya gravitasi
20. Perhatikan kegiatan pada gambar berikut!
Pengaruh gaya yang diberikan pada bola sesuai kegiatan tersebut ialah . . . .
A. mempercepat gerak bola
B. memperlambat gerak bola
C. mengubah arah gerak bola
D. menciptakan bola membisu menjadi bergerak
21. Perhatikan gambar berikut!
Bentuk energi yang dihasilkan benda tersebut ketika dipakai ialah . . . .
A. energi gerak
B. energi bunyi
C. energi bunyi
D. energi cahaya
22. Perhatikan gambar berikut!
Benda yang mengalami perubahan energi yang sama ialah . . . .
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (4)
C. (2) dan (3)
D. (3) dan (4)
23. Berikut yang memperlihatkan kegiatan yang memakai energi alternatif dalam kehidupan sehari-hari ialah . . . .
24. Kegiatan yang dilakukan pada gambar di samping memperlihatkan perilaku . . . .
A. menghemat energi listrik sesudah menonton televisi
B. mengurangi polusi bunyi ketika menonton televisi
C. waspada terhadap ancaman kebakaran
D. menjaga ruangan biar tetap gelap
25. Saat berangkat ke kantor, Paman menyeberang perlintasan rel kereta dengan hati-hati. Paman melihat sambungan rel kereta dibentuk bercelah. Alasan pemasangan sambungan rel yang dibentuk bercelah ialah untuk . . . .
A. mencegah rel menyusut pada malam hari
B. mencegah rel melengkung ketika terjadi pemuaian
C. mengurangi gaya gesek antara rel dengan roda kereta
D. mencegah timbulnya genangan air di dalam rel pada isu terkini hujan
26. Benda berikut yang merupakan konduktor panas ialah . . . .
A. sudip kayu
B. sumpit bambu
C. sendok plastik
D. sendok stainless steel
27. Perpindahan panas secara radiasi terjadi pada kejadian . . . .
A. ibu menjemur pakaian ketika cuaca terik
B. koki memasak air dengan panci aluminium
C. ayah mengaduk air kopi panas dengan sendok logam
D. pembuangan uap panas dapur melalui cerobong asap
28. Benda berikut yang sanggup meredam gaung dalam ruangan teater, yaitu . . . .
A. beling dan logam
B. karet dan busa
C. kardus dan kaca
D. asbes dan plastik
29. Gitar dan kecapi merupakan alat musik yang mempunyai senar sebagai sumber bunyinya. Alat musik tersebut dimainkan dengan cara . . . .
A. dipetik
B. digesek
C. dipukul
D. digetarkan
30. Sebelum berenang, Gina sempat melihat bayangan awan pada permukaan kolam. Hal tersebut memperlihatkan salah satu sifat cahaya, yaitu sanggup . . . .
A. dibiaskan
B. dipantulkan
C. merambat lurus
D. menembus benda bening
31. Perhatikan rangkaian listrik berikut!
Jika sakelar 1 (S1) dihubungkan dan sakelar 2 (S2) dilepas, lampu yang akan menyala dan lampu yang padam ialah . . . .
A. lampu menyala: L1, L2, L3, L4, L5 dan lampu padam: L6
B. lampu menyala: L1, L2, L3, L5, L6 dan lampu padam: L4
C. lampu menyala: L1, L2, L4, L5, L6 dan lampu padam: L3
D. lampu menyala: L1, L2, L3, L4, L6 dan lampu padam: L5
32. Perhatikan gambar di bawah!
Agar batang besi sanggup menjadi magnet, sifat magnet sanggup diberikan ke batang besi dengan cara . . . .
A. dipukul-pukul dengan magnet
B. digosok dengan magnet ke satu arah
C. ditempelkan magnet selama 15 menit
D. digosok dengan magnet secara bolak-balik
33. Rambut dari binatang di bawah ini sanggup dimanfaatkan untuk materi baku pembuatan . . . .
A. kain sutra
B. kain katun
C. benang wol
D. serat kapas
34. Contoh sumber daya alam yang tidak sanggup diperbarui, antara lain . . . .
A. serat sutra, udang windu, dan ikan bandeng
B. minyak bumi, emas putih, dan bijih besi
C. serat kapas, kayu gaharu, dan timah
D. watu bara, singkong, dan air
35. Dampak penambangan minyak bumi di daratan secara terus-menerus ialah . . . .
A. menurunnya populasi burung elang
B. menurunnya permukaan tanah
C. meningkatnya kualitas air bersih
D. meningkatnya kesuburan tanah
36. Dampak isu terkini kemarau yang panjang akhir pemanasan global terhadap daur air ialah . . . .
A. perubahan isu terkini menjadi teratur
B. naiknya permukaan air sungai, danau, dan laut
C. bertambahnya debit air sungai di daerah tertentu
D. air hujan yang turun ke permukaan Bumi menjadi berkurang
37. Waktu yang diharapkan Bulan untuk satu kali berputar pada porosnya sama dengan waktu yang diperlukannya untuk mengelilingi Bumi. Hal itu mengakibatkan . . . .
A. kenampakan sisi Bulan selalu sama jikalau dilihat dari Bumi
B. Matahari, Bulan, dan Bumi terletak satu garis
C. pasang naik dan pasang surut air laut
D. gerhana Bulan sebagian
38. Posisi Matahari, Bumi, dan Bulan ketika terjadi gerhana Bulan sebagian ditunjukkan oleh gambar
. . . .
39. Perhatikan gambar tata surya berikut!
Planet yang ditunjukkan angka 1 dan 2 berturut-turut ialah . . . .
A. Merkurius dan Neptunus
B. Merkurius dan Uranus
C. Venus dan Yupiter
D. Bumi dan Uranus
40. Satu tahun pada kalender Hijriah terdiri dari 12 bulan. Satu bulan terdiri dari 29 atau 30 hari. Hal ini didasarkan pada perhitungan . . . .
A. perputaran Bumi pada sumbunya
B. perputaran Bulan pada sumbunya
C. perputaran Bumi mengelilingi Matahari
D. perputaran Bulan mengelilingi Bumi dan bersama Bumi mengelilingi Matahari
Artikel terkait:
Demikian perihal Prediksi Soal US IPA SD/MI 2019. Bagi yang ingin mengunduhnya, silakan Download Soal Latihan dan Kunci Jawaban US IPA SD/MI (File PDF).
Catatan: manfaatkan soal ujian sekolah IPA tersebut sebaik mungkin, walaupun pada file tersebut sudah ada kunci jawabannya, sebaiknya adik-adik kelas 6 SD/MI 2019 jangan melihat kunci tanggapan sebelum simpulan mengerjakan soal latihannya. Adapun jikalau Anda ialah Bapak/Ibu Guru dan/atau Orang Tua/Wali Murid kelas 6 TP. 2018/2019, soal USBN IPA tersebut bisa Bapak/Ibu gunakan untuk menguji kemampuan Siswa/Putra-ri Anda. Berbagai Sumber
Soal Latihan Ujian Sekolah (US) IPA SD/MI 2019 dan Kunci Jawaban
1. Ikan kerapu mempunyai bentuk kulit yang ibarat dengan batuan karang di sekitarnya. Fungsi
ciri khusus tersebut ialah . . . .
A. melindungi diri dari pemangsa
B. memudahkan menemukan mangsa
C. memudahkan menemukan pasangannya
D. mencegah binatang lain menjadi benalu di tubuhnya
2. Perhatikan gambar-gambar binatang berikut!
Berdasarkan jenis makanannya, kedua binatang tersebut dimasukkan ke dalam kelompok yang sama, yaitu . . . .
A. pemakan daun-daunan
B. pemakan biji-bijian
C. pemakan daging
D. pemakan nektar
3. Perhatikan rantai kuliner berikut!
Makhluk hidup yang sempurna untuk melengkapi (I), (II), dan (III) pada rantai kuliner tersebut adalah
. . . .
A. (I): ulat, (II): ular, dan (III): sapi
B. (I): ulat, (II): ular, dan (III): burung elang
C. (I): ular, (II): ulat, dan (III): burung elang
D. (I): ayam, (II): ular, dan (III): burung merpati
4. Alasan terjadinya interaksi kedua makhluk hidup pada gambar berikut ialah . . . .
A. ikan badut akan memakan benalu yang melekat pada tentakel anemon, sedangkan anemon akan melindungi ikan badut dari pemangsa
B. ikan badut mendapat kuliner dari kotoran anemon laut, sedangkan anemon maritim dirugikan alasannya ialah ikan badut membuang kotorannya di sekitarnya
C. ikan badut mendapat kuliner dari anemon laut, sedangkan anemon maritim diuntungkan alasannya ialah benalu yang melekat dimakan oleh ikan badut
D. keberadaan ikan badut di dalam anemon maritim sanggup menimbulkan kematian pada anemon alasannya ialah anak ikan badut memakan anemon
5. Tumbuhan-tumbuhan berikut yang sanggup dikembangbiakkan dengan cara menyetek dan tunas
adventif, yaitu . . . .
6. Kupu-kupu mencari kuliner di lingkungan yang mempunyai tumbuhan dengan bunga bermekaran. Cara pembiasaan diri kupu-kupu terhadap lingkungannya ialah . . . .
A. bentuk verbal mirip jarum untuk mengambil cairan buah
B. bentuk verbal mirip belalai untuk memudahkan mengambil nektar
C. bentuk kaki yang tebal dan lengket untuk merayap di dinding dan batang pohon
D. bentuk sayap mirip mata burung pemangsa untuk menakuti pemakan serangga
7. Melestarikan hutan bakau di tempat pesisir sangat penting bagi lingkungan. Hal ini dikarenakan hutan bakau mempunyai kegunaan untuk . . . .
A. mengurangi dampak erosi pantai oleh hantaman ombak
B. mengurangi populasi larva udang, capung, dan kepiting
C. mencegah banjir dan tanah longsor ketika isu terkini hujan
D. meningkatkan kesejahteraan penduduk pesisir
8. Upaya yang termasuk pencegahan banjir di tempat perkotaan ialah . . . .
A. memperbanyak pembangunan permukiman penduduk
B. membersihkan jalan masuk air dari sampah dan lumpur
C. membangun lapangan di sentra kota
D. menebang pepohonan di jalur hijau
9. Manfaat batang tebu bagi insan ialah . . . .
A. materi baku industri sirop dan gula pasir
B. fondasi bangunan rumah atau jembatan
C. materi baku pembuat atap rumah
D. materi baku pembuatan sampan
10. Perhatikan bagan daur hidup binatang berikut!
Tahapan metamorfosis binatang yang menguntungkan bagi industri kain sutra ditunjukkan oleh angka . . . .
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
11. Perhatikan gambar rangka insan di bawah ini!
Jenis sendi yang terdapat pada pecahan badan yang ditunjuk oleh angka 1 dan 2 berturut-turut, yaitu . . . .
A. putar dan peluru
B. engsel dan peluru
C. pelana dan engsel
D. pelana dan peluru
12. Fungsi pecahan indera pendengaran yang ditunjuk anak panah pada gambar di bawah ini ialah . . . .
A. menangkap getaran bunyi
B. menjaga keseimbangan tekanan udara
C. mengolah dan meneruskan getaran ke otak
D. meneruskan getaran bunyi ke indera pendengaran pecahan dalam
13. Perhatikan gambar sistem pernapasan di bawah!
Fungsi pecahan yang ditunjuk oleh X ialah . . . .
A. tempat masuknya udara
B. tempat penyaringan udara tahap kedua
C. tempat pertukaran oksigen dan karbon dioksida
D. jalan masuk keluar-masuknya udara dari dan ke paru-paru
14. Berikut merupakan penyakit yang menyerang sel-sel darah merah ialah . . . .
A. hepatitis
B. leukemia
C. hipertensi
D. diabetes melitus
15. Fungsi ginjal insan ialah . . . .
A. menghasilkan sel darah merah
B. menyaring darah dan membentuk urine
C. menghasilkan enzim amilase dan lipase
D. memompa darah kaya oksigen ke seluruh tubuh
16. Perhatikan tabel benda dan sifatnya berikut!
Berdasarkan tabel tersebut, pasangan benda dan sifatnya yang sempurna ialah . . . .
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 2 dan 4
D. 3 dan 4
17. Perhatikan tabel kegiatan dan perubahan wujud yang terjadi berikut!
Berdasarkan tabel tersebut, pasangan kegiatan dan perubahan wujud yang sempurna ialah . . . .
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
18. Halaman pada buku renta biasanya ringkih dan tampak berbercak-bercak hitam. Hal tersebut dikarenakan . . . .
A. pertumbuhan jamur yang menimbulkan pelapukan
B. kegiatan basil pembusuk yang memakan serat kertas
C. reaksi kimia antara udara dengan air yang melekat pada kertas
D. kertas yang sudah tergoda usia akan menghasilkan bercak hitam
19. Perhatikan gambar berikut!
Air di pecahan permukaan daun lama-kelamaan akan bergerak ke bawah kemudian jatuh ke tanah. Gaya yang bekerja pada air tersebut ialah . . . .
A. gaya gesek
B. gaya pegas
C. gaya magnet
D. gaya gravitasi
20. Perhatikan kegiatan pada gambar berikut!
Pengaruh gaya yang diberikan pada bola sesuai kegiatan tersebut ialah . . . .
A. mempercepat gerak bola
B. memperlambat gerak bola
C. mengubah arah gerak bola
D. menciptakan bola membisu menjadi bergerak
21. Perhatikan gambar berikut!
Bentuk energi yang dihasilkan benda tersebut ketika dipakai ialah . . . .
A. energi gerak
B. energi bunyi
C. energi bunyi
D. energi cahaya
22. Perhatikan gambar berikut!
Benda yang mengalami perubahan energi yang sama ialah . . . .
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (4)
C. (2) dan (3)
D. (3) dan (4)
23. Berikut yang memperlihatkan kegiatan yang memakai energi alternatif dalam kehidupan sehari-hari ialah . . . .
24. Kegiatan yang dilakukan pada gambar di samping memperlihatkan perilaku . . . .
A. menghemat energi listrik sesudah menonton televisi
B. mengurangi polusi bunyi ketika menonton televisi
C. waspada terhadap ancaman kebakaran
D. menjaga ruangan biar tetap gelap
25. Saat berangkat ke kantor, Paman menyeberang perlintasan rel kereta dengan hati-hati. Paman melihat sambungan rel kereta dibentuk bercelah. Alasan pemasangan sambungan rel yang dibentuk bercelah ialah untuk . . . .
A. mencegah rel menyusut pada malam hari
B. mencegah rel melengkung ketika terjadi pemuaian
C. mengurangi gaya gesek antara rel dengan roda kereta
D. mencegah timbulnya genangan air di dalam rel pada isu terkini hujan
26. Benda berikut yang merupakan konduktor panas ialah . . . .
A. sudip kayu
B. sumpit bambu
C. sendok plastik
D. sendok stainless steel
27. Perpindahan panas secara radiasi terjadi pada kejadian . . . .
A. ibu menjemur pakaian ketika cuaca terik
B. koki memasak air dengan panci aluminium
C. ayah mengaduk air kopi panas dengan sendok logam
D. pembuangan uap panas dapur melalui cerobong asap
28. Benda berikut yang sanggup meredam gaung dalam ruangan teater, yaitu . . . .
A. beling dan logam
B. karet dan busa
C. kardus dan kaca
D. asbes dan plastik
29. Gitar dan kecapi merupakan alat musik yang mempunyai senar sebagai sumber bunyinya. Alat musik tersebut dimainkan dengan cara . . . .
A. dipetik
B. digesek
C. dipukul
D. digetarkan
30. Sebelum berenang, Gina sempat melihat bayangan awan pada permukaan kolam. Hal tersebut memperlihatkan salah satu sifat cahaya, yaitu sanggup . . . .
A. dibiaskan
B. dipantulkan
C. merambat lurus
D. menembus benda bening
31. Perhatikan rangkaian listrik berikut!
Jika sakelar 1 (S1) dihubungkan dan sakelar 2 (S2) dilepas, lampu yang akan menyala dan lampu yang padam ialah . . . .
A. lampu menyala: L1, L2, L3, L4, L5 dan lampu padam: L6
B. lampu menyala: L1, L2, L3, L5, L6 dan lampu padam: L4
C. lampu menyala: L1, L2, L4, L5, L6 dan lampu padam: L3
D. lampu menyala: L1, L2, L3, L4, L6 dan lampu padam: L5
32. Perhatikan gambar di bawah!
Agar batang besi sanggup menjadi magnet, sifat magnet sanggup diberikan ke batang besi dengan cara . . . .
A. dipukul-pukul dengan magnet
B. digosok dengan magnet ke satu arah
C. ditempelkan magnet selama 15 menit
D. digosok dengan magnet secara bolak-balik
33. Rambut dari binatang di bawah ini sanggup dimanfaatkan untuk materi baku pembuatan . . . .
A. kain sutra
B. kain katun
C. benang wol
D. serat kapas
34. Contoh sumber daya alam yang tidak sanggup diperbarui, antara lain . . . .
A. serat sutra, udang windu, dan ikan bandeng
B. minyak bumi, emas putih, dan bijih besi
C. serat kapas, kayu gaharu, dan timah
D. watu bara, singkong, dan air
35. Dampak penambangan minyak bumi di daratan secara terus-menerus ialah . . . .
A. menurunnya populasi burung elang
B. menurunnya permukaan tanah
C. meningkatnya kualitas air bersih
D. meningkatnya kesuburan tanah
36. Dampak isu terkini kemarau yang panjang akhir pemanasan global terhadap daur air ialah . . . .
A. perubahan isu terkini menjadi teratur
B. naiknya permukaan air sungai, danau, dan laut
C. bertambahnya debit air sungai di daerah tertentu
D. air hujan yang turun ke permukaan Bumi menjadi berkurang
37. Waktu yang diharapkan Bulan untuk satu kali berputar pada porosnya sama dengan waktu yang diperlukannya untuk mengelilingi Bumi. Hal itu mengakibatkan . . . .
A. kenampakan sisi Bulan selalu sama jikalau dilihat dari Bumi
B. Matahari, Bulan, dan Bumi terletak satu garis
C. pasang naik dan pasang surut air laut
D. gerhana Bulan sebagian
38. Posisi Matahari, Bumi, dan Bulan ketika terjadi gerhana Bulan sebagian ditunjukkan oleh gambar
. . . .
39. Perhatikan gambar tata surya berikut!
Planet yang ditunjukkan angka 1 dan 2 berturut-turut ialah . . . .
A. Merkurius dan Neptunus
B. Merkurius dan Uranus
C. Venus dan Yupiter
D. Bumi dan Uranus
40. Satu tahun pada kalender Hijriah terdiri dari 12 bulan. Satu bulan terdiri dari 29 atau 30 hari. Hal ini didasarkan pada perhitungan . . . .
A. perputaran Bumi pada sumbunya
B. perputaran Bulan pada sumbunya
C. perputaran Bumi mengelilingi Matahari
D. perputaran Bulan mengelilingi Bumi dan bersama Bumi mengelilingi Matahari
Artikel terkait:
- Kumpulan Soal Latihan USBN SD/MI 2018
- Kumpulan Soal Latihan USBN SD/MI 2019 Terbaru (Bahasa Indonesia, Matematika, IPA)_Usman Jayadi
Demikian perihal Prediksi Soal US IPA SD/MI 2019. Bagi yang ingin mengunduhnya, silakan Download Soal Latihan dan Kunci Jawaban US IPA SD/MI (File PDF).