Buku Guru dan Siswa Kurikulum 2013 Seni Budaya Kelas X (10) SMA MA SMK MAK
Monday, 13 November 2017
Edit
Berikut ini adalah berkas Buku Guru dan Siswa Kurikulum 2013 Seni Budaya Kelas X (10) SMA MA SMK MAK. Download file format PDF.
Buku Guru dan Siswa Kurikulum 2013 Seni Budaya Kelas X (10) SMA MA SMK MAK |
Buku Guru dan Siswa Kurikulum 2013 Seni Budaya Kelas X (10) SMA MA SMK MAK
Berikut ini kutipan teks keterangan dari isi berkas Buku Guru dan Siswa Kurikulum 2013 Seni Budaya Kelas X (10) SMA MA SMK MAK:
Nenek moyang bangsa Indonesia telah berhasil merumuskan pengalaman interaksinya dengan sang Pencipta, alam, dan dengan sesamanya, dalam bentuk peradaban dan kearifan bangsa yang sebagiannya diwujudkan dalam karya-karya seni budaya, baik berupa benda maupun tak benda. Ditengah makin derasnya arus globalisasi seperti saat ini, ketahanan jati diri suatu bangsa tercermin pada kemampuan melestarikan peradabannya. Kemampuan tersebut penting untuk dapat memanfaatkan arus globalisasi menuju terbentuknya konvergensi peradaban dunia, yaitu suatu peradaban berbentuk spektrum keberagaman peradaban berbagai bangsa yang terlestarikan.
Pembelajaran Seni Budaya untuk Pendidikan Menengah Kelas X adalah salah satu usaha untuk melestarikan peradaban bangsa melalui pemahaman terhadap sejumlah karya seni budaya bangsa dari berbagai penjuru nusantara yang sangat kaya ragam dan sarat makna. Pembelajarannya didahului dengan mengajak peserta didik mengapresiasi secara kritis seni budaya bangsa melalui pengamatan terhadap keindahan warisan-warisan seni budaya. Peserta didik juga diajak mencoba mengekspresikan perasaan dan pikirannya dengan meniru dan memodifikasi karya-karya seni budaya yang sudah ada sesuai dengan selera dan kemampuannya yang terus diasah. Pada akhirnya, peserta didik diajak mengkreasi suatu karya seni budaya sesuai dengan minatnya dan menyajikan kreasinya dalam suatu pementasan kolaboratif berbagai ragam seni budaya yang saling bersinergi.
Sebagai bagian dari Kurikulum 2013, pembelajaran dalam buku ini mencakup studi ragam dan makna karya seni budaya untuk mengasah kompetensi pengetahuan, praktik berkarya seni budaya untuk mengasah kompetensi keterampilan, dan pembentukan sikap apresiasi terhadap seni budaya sebagai hasil akhir dari studi dan praktik karya seni budaya. Pendekatannya bukan hanya belajar tentang seni budaya, tetapi juga belajar melalui seni budaya dan belajar dengan seni budaya. Pembelajarannya dirancang berbasis aktivitas dalam sejumlah ranah seni budaya, yaitu seni rupa, tari, musik, dan teater yang diangkat dari tema-tema warisan seni budaya bangsa. Sebagai mata pelajaran yang mengandung unsur muatan lokal, tambahan materi yang digali dari kearifan lokal yang relevan sangat diharapkan untuk ditambahkan sebagai pengayaan dari buku ini.
Buku ini menjabarkan usaha minimal yang harus dilakukan siswa untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Sesuai dengan pendekatan yang digunakan dalam Kurikulum 2013, siswa diajak menjadi berani untuk mencari sumber belajar lain yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya. Peran guru dalam meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersediaan kegiatan pada buku ini sangat penting. Guru dapat memperkayanya dengan kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang sesuai dan relevan yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam.
Implementasi terbatas Kurikulum 2013 pada tahun ajaran 2013/2014 telah mendapatkan tanggapan yang sangat positif dan masukan yang sangat berharga. Pengalaman tersebut dipergunakan semaksimal mungkin dalam menyiapkan buku untuk implementasi menyeluruh pada tahun ajaran 2014/2015 dan seterusnya. Walaupun demikian, sebagai edisi pertama, buku ini sangat terbuka dan perlu terus dilakukan perbaikan dan penyempurnaan. Untuk itu, kami mengundang para pembaca memberikan kritik, saran dan masukan untuk perbaikan dan penyempurnaan pada edisi berikutnya. Atas kontribusi tersebut, kami ucapkan terima kasih. Mudah-mudahan kita dapat memberikan yang terbaik bagi kemajuan dunia pendidikan dalam rangka mempersiapkan generasi seratus tahun Indonesia Merdeka (2045).
Daftar Isi
Bab 1 Berkarya Seni Rupa Dua Dimensi (2D)
Nenek moyang bangsa Indonesia telah berhasil merumuskan pengalaman interaksinya dengan sang Pencipta, alam, dan dengan sesamanya, dalam bentuk peradaban dan kearifan bangsa yang sebagiannya diwujudkan dalam karya-karya seni budaya, baik berupa benda maupun tak benda. Ditengah makin derasnya arus globalisasi seperti saat ini, ketahanan jati diri suatu bangsa tercermin pada kemampuan melestarikan peradabannya. Kemampuan tersebut penting untuk dapat memanfaatkan arus globalisasi menuju terbentuknya konvergensi peradaban dunia, yaitu suatu peradaban berbentuk spektrum keberagaman peradaban berbagai bangsa yang terlestarikan.
Pembelajaran Seni Budaya untuk Pendidikan Menengah Kelas X adalah salah satu usaha untuk melestarikan peradaban bangsa melalui pemahaman terhadap sejumlah karya seni budaya bangsa dari berbagai penjuru nusantara yang sangat kaya ragam dan sarat makna. Pembelajarannya didahului dengan mengajak peserta didik mengapresiasi secara kritis seni budaya bangsa melalui pengamatan terhadap keindahan warisan-warisan seni budaya. Peserta didik juga diajak mencoba mengekspresikan perasaan dan pikirannya dengan meniru dan memodifikasi karya-karya seni budaya yang sudah ada sesuai dengan selera dan kemampuannya yang terus diasah. Pada akhirnya, peserta didik diajak mengkreasi suatu karya seni budaya sesuai dengan minatnya dan menyajikan kreasinya dalam suatu pementasan kolaboratif berbagai ragam seni budaya yang saling bersinergi.
Sebagai bagian dari Kurikulum 2013, pembelajaran dalam buku ini mencakup studi ragam dan makna karya seni budaya untuk mengasah kompetensi pengetahuan, praktik berkarya seni budaya untuk mengasah kompetensi keterampilan, dan pembentukan sikap apresiasi terhadap seni budaya sebagai hasil akhir dari studi dan praktik karya seni budaya. Pendekatannya bukan hanya belajar tentang seni budaya, tetapi juga belajar melalui seni budaya dan belajar dengan seni budaya. Pembelajarannya dirancang berbasis aktivitas dalam sejumlah ranah seni budaya, yaitu seni rupa, tari, musik, dan teater yang diangkat dari tema-tema warisan seni budaya bangsa. Sebagai mata pelajaran yang mengandung unsur muatan lokal, tambahan materi yang digali dari kearifan lokal yang relevan sangat diharapkan untuk ditambahkan sebagai pengayaan dari buku ini.
Buku ini menjabarkan usaha minimal yang harus dilakukan siswa untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Sesuai dengan pendekatan yang digunakan dalam Kurikulum 2013, siswa diajak menjadi berani untuk mencari sumber belajar lain yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya. Peran guru dalam meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersediaan kegiatan pada buku ini sangat penting. Guru dapat memperkayanya dengan kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang sesuai dan relevan yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam.
Implementasi terbatas Kurikulum 2013 pada tahun ajaran 2013/2014 telah mendapatkan tanggapan yang sangat positif dan masukan yang sangat berharga. Pengalaman tersebut dipergunakan semaksimal mungkin dalam menyiapkan buku untuk implementasi menyeluruh pada tahun ajaran 2014/2015 dan seterusnya. Walaupun demikian, sebagai edisi pertama, buku ini sangat terbuka dan perlu terus dilakukan perbaikan dan penyempurnaan. Untuk itu, kami mengundang para pembaca memberikan kritik, saran dan masukan untuk perbaikan dan penyempurnaan pada edisi berikutnya. Atas kontribusi tersebut, kami ucapkan terima kasih. Mudah-mudahan kita dapat memberikan yang terbaik bagi kemajuan dunia pendidikan dalam rangka mempersiapkan generasi seratus tahun Indonesia Merdeka (2045).
Daftar Isi
Bab 1 Berkarya Seni Rupa Dua Dimensi (2D)
Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
A. Apresiasi Karya Seni Rupa Dua Dimensi
A. Apresiasi Karya Seni Rupa Dua Dimensi
B. Unsur dan Obyek Karya seni Rupa Dua Dimensi
C. Medium, Alat, Bahan dan, Teknik
D. Berkarya Seni Rupa Dua Dimensi
Bab 2 Berkarya Seni Rupa Tiga Dimensi (3D)
Bab 2 Berkarya Seni Rupa Tiga Dimensi (3D)
Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
A. Pengertian dan Jenis Karya Seni Rupa Tiga Dimensi
B. Simbol dalam Karya Seni Rupa Tiga Dimensi
C. Nilai Estetis Karya Seni Rupa Tiga Dimensi
D. Berkarya Seni Rupa Tiga Dimensi
Bab 3 Jenis/Genre Musik
Bab 3 Jenis/Genre Musik
Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
A. Pengertian Musik
B. Musik Sebagai Simbol
C. Nilai-Nilai Estetika Musik
D. Fungsi Musik
E. Praktik Musik
Bab 4 Kolaborasi Seni Dalam Permainan Musik
Bab 4 Kolaborasi Seni Dalam Permainan Musik
Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
A. Kolaborasi Seni
B. Eksplorasi Musik
C. Gerak dalam Permainan Musik
D. Gerak dan Visual Dalam Permainan Musik
Bab 5 Jenis/Genre Tari
Bab 5 Jenis/Genre Tari
A. Jenis/Genre Tari
B. Tari Sebagai Simbol
C. Nilai Estetis dalam Gerak Tari
D. Praktik Gerak Dasar Tari Sesuai Hitungan
Bab 6 Kreativitas Tari
Bab 6 Kreativitas Tari
Alur Pembelajaran
A. Pengertian Kreativitas Tari
B. Proses Kreativitas Tari
C. Menyusun Karya Tari
D. Menampilkan Karya Tari Dengan Iringan
Bab 7 Pemeranan
Bab 7 Pemeranan
Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
A. Pengertian Pemeranan
B. Unsur Pemeranan
C. Teknik Dasar Pemeranan
D. Kreativitas Pemeranan
Bab 8 Bekarya Teater
Bab 8 Bekarya Teater
Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
A. Pengertian Teater
B. Jenis Teater
C. Aspek-Aspek Teater
D. Simbol Teater
E. Nilai Estetis
F. Kreativitas Teater
Bab 9 Pameran Karya Seni Rupa
Bab 9 Pameran Karya Seni Rupa
Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
A. Pengertian Pameran
A. Pengertian Pameran
B. Tujuan, Manfaat, dan Fungsi Pameran
C. Merencanakan, Mempersiapkan, dan Melaksanakan Pameran
Bab 10 Kritik Karya Seni Rupa
Bab 10 Kritik Karya Seni Rupa
Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
A. Pengertian Kritik Karya Seni Rupa
B. Jenis Kritik Karya Seni Rupa
C. Fungsi Kritik Karya Seni Rupa
D. Menulis Kritik
Bab 11 Pertunjukan Musik
Bab 11 Pertunjukan Musik
Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
A. Konsep Pertunjukan Musik
B. Teknik Pertujukan Musik
C. Prosedur Pertunjukan Musik
D. Pertunjukan Musik \
Bab 12 Kritik Musik
Bab 12 Kritik Musik
Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
A. Pengertian Kritik
B. Jenis Kritik Musik Dalam Pembelajaran
C. Langkah-langkah dan Penulisan Kritik Musik
D. Mengomunikasikan Kritik Musik
Bab 13 Pergelaran Karya Seni Tari
Bab 13 Pergelaran Karya Seni Tari
Alur Pembelajaran
A. Pengertian Pergelaran
B. Teknik dan Prosedur Pergelaran Tari
C. Unsur Pendukung Pergelaran Tari
D. Pergelaran Tari
Bab 14 Kritik Tari
Alur Pembelajaran
A. Pengertian Kritik Tari
B. Jenis Kritik Tari
C. Fungsi Kritik Tari
D. Simbol Karya Tari Dalam Kritik Tari
E. Nilai Estetis Dalam Kritik Tari
F. Membuat Tulisan Dalam Kritik Tari
Bab 15 Pergelaran Teater
Bab 15 Pergelaran Teater
Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
A. Pengertian Pergelaran Teater
B. Unsur Pergelaran Teater
C. Teknik Pergelaran Teater
D. Kreativitas Pergelaran Teater
Bab 16 Kritik Teater
Kompetensi Inti
Bab 16 Kritik Teater
Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
A. Pengertian dan Unsur Kritik
B. Jenis dan Fungsi Kritik
C. Menulis Kritik Teater
Download Buku Guru dan Siswa Kurikulum 2013 Seni Budaya Kelas X (10) SMA MA SMK MAK
Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku Guru dan Siswa Kurikulum 2013 Seni Budaya Kelas X (10) SMA MA SMK MAK ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:Buku Guru dan Siswa Kurikulum 2013 Seni Budaya Kelas X (10) SMA MA SMK MAK
Download File:
Buku Guru Mata Pelajaran Seni Budaya Kelas X (10) SMA MA SMK MAK Kurikulum 2013.pdf
Buku Siswa Mata Pelajaran Seni Budaya Kelas X (10) SMA MA SMK MAK Kurikulum 2013.pdf
Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku Guru dan Siswa Kurikulum 2013 Seni Budaya Kelas X (10) SMA MA SMK MAK. Semoga bisa bermanfaat.