Contoh Soal Wacana Kompetensi Dasar Guru
Sunday, 5 November 2017
Edit
Soal ini saya copy dari rekan saya Sutarwan bandung dan saya coba untuk menjawab, alasannya ialah saya akan menghadapi UKG jadi saya coba-coba saya menciptakan kunci jawabannya. barangkali teman-teman guru buat berguru terutama yang mau UKG mudah-mudahan bermanfaat....
3. Profesi ialah suatu jabatan atau pekerjaan yang menuntut keahlian (expertise) para anggotanya. Artinya pekerjaan itu tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang yang tidak terlatih dan tidak disiapkan secara khusus untuk melaksanakan pekerjaan itu. Hal ini termasuk dalam jenis :
A. Kompetensi Paedagogik
B. Kompetensi Profesional
C. Kompetensi Kepribadian
D. Kompetensi Sosial
4. Guru disyaratkan mempunyai sifat yang jujur, berbudi luhur, dewasa, beriman, bermoral; kemampuan mengaktualisasikan diri menyerupai disiplin, tanggung jawab, peka, objektif, luwes, berwawasan luas, sanggup berkomunikasi dengan orang lain. Hal tersebut termasuk dalam jenis :
A. Kompetensi Paedagogik
B. Kompetensi Profesional
C. Komppetensi Kepribadian
D. Kompetensi Sosial
5. Guru harus mempunyai pemahaman akan sifat, ciri anak didik dan perkembangannya, mengerti beberapa konsep pendidikan yang mempunyai kegunaan untuk membantu siswa, menguasai beberapa metodologi mengajar yang sesuai dengan materi dan perkambangan siswa, sertanmenguasai sistem penilaian yang sempurna dan baik yang pada gilirannya semakin meningkatkan kemampuan siswa. Hal ini termasuk dalam jenis kompetensi :
A. Kompetensi Paedagogik
B. Kompetensi Profesional
C. Komppetensi Kepribadian
D. Kompetensi Sosial
6. Guru haruslah mempunyai jati diri sebagai langsung yang baik, tanggung jawab, terbuka, dan terus mau berguru untuk maju. Hal ini termasuk jenis kompetensi :
A. Kompetensi Paedagogik
B. Kompetensi Profesional
C. Komppetensi Kepribadian
D. Kompetensi Sosial
7. Guru wajib mempunyai sifat tenggang rasa pada orang lain, toleransi pada orang lain, mempunyai sikap dan kepribadian yang positif serta menempel pada setiap kopetensi yang lain, dan bisa bekerja sama dengan orang lain. Hal tersebut termasuk jenis kompetensi :
A. Kompetensi Paedagogik
B. Kompetensi Profesional
C. Kompetensi Profesional
D. Kompetensi Sosial
8. Berikut ini termasuk dalam dimensi kompetensi sosial, kecuali :
A. kerja tim, melihat peluang, tugas dalam acara kelompok, tanggung jawab sebagai warga
B. kepemimpinan, relawan sosial, kedewasaan dalam bekreasi, membuatkan
C. berempati, kepedulian kepada sesama, toleransi, solusi konflik, mendapatkan perbedaan, kerja sama
D. IQ yang tinggi, korelasi yang luas dan berkualitas, manajerial, kepemimpinan
9. Menurut laporan dari Jurnal Educational Leadership edisi Maret 1993, guru profesional dituntut mempunyai lima hal. Tiga diantaranya tersebut dibawah ini, kecuali :
A.Guru mempunyai korelasi yang luas, bisa membangun komunikasi dengan profesi lain
B.Guru mempunyai komitmen pada siswa dan proses belajarnya.
C.Guru menguasai secara mendalam bahan/materi pelajaran yang diajarkannya serta cara mengajarkannya kepada para siswa.
D.Guru bertanggung jawab memantau hasil berguru siswa melalui banyak sekali teknik evaluasi, mulai cara pengamatan dalam sikap siswa sampaites hasil belajar.
10. Standar kompetensi guru terdiri atas tiga komponen yang saling mengait menyerupai di bawah ini, kecuali :
A.Pengelolaan pembelajaran
B.tingkat Kecerdasan yang tinggi
C.pengembangan profesi
D.penguasaan akademik.
kunci jawaban
1. B
2. C
3. B
4. C
5. A
6. C
7. D
8. D
9. A
10.B
Untuk pertanyaan no. 11 s.d. 20 wacana Evaluasi
11. Prinsip penilaian mencakup hal-hal sebagai berikut ini kecuali :
A. objektivitas
B. kontinuitas
C. integritas
D. keefektifan
12. Ciri-ciri penilaian yang baik ialah :
A. keefektifan dan efisiensi
B. objektifitas dan integritas
C. kesahihan dan keandalan
D. komprehensif dan kooperatif
13. Teori yang menyatakan bahwa proses berguru terjadi pada anak ketika berkolaborasi dengan orang lain atau dilakukan secara individual yang di dalamnya terjadi proses internalisasi, merupakan pendapat dari::
A. Piaget
B. Vigotsky
C. Erikson
D. Smilansky
14. Pernyataan yang salah di bawah ini ialah :
A. antara PAP dan PAN, masing-masing mempunyai kelebihan
B. antara PAP dan PAN, masing-masing mempunyai kelemahan
C. pernyataan keduanya benar
D. pernyataan keduanya salah
15. Berikut ini pernyataan yang benar ialah :
A. mutu penilaian bergantung pada mutu asesmen, termasuk tes dan pengukuran
B. mutu penilaian bergantung pada mutu asesmen
C. mutu penilaian bergantung pada tes dan pengukuran
D. pernyataan a, b dan c salah
16. Berikut ini pernyataan yang benar ialah :
A. tes ialah awal dari penilaian
B. tes ialah bab dari pengukuran
C. tes ialah sebuah instrumen
D. ketiga pernyataan benar
17. Diantara bentuk soal berikut, mana yang paling menguntungkan untuk mengukur target yang meminta siswa mengingat informasi, tidak hanya mengenalinya :
A. tanggapan pendek
B. menjodohkan
C. benar salah
D. pilihan ganda
18. Diantara jenis soal ini, mana yang paling cocok untuk mengukur sikap kreatif :
A. penilaian produk
B. benar salah
C. pilihan ganda
D. menjodohkan
19. Dari jenis soal ini, mana yang paling dihindari sebagai tes satu soal :
A. penilaian produk
B. benar salah
C. pilihan ganda
D. menjodohkan
20. Kalau tes sudah dibakukan, maka tes itu :
A. sudah diuji lapangan
B. absah
C. mahal
D. merupakan ukuran bakat
Berbagai Sumber
1. Menurut Djojonegoro, Profesionalisme dalam suatu pekerjaan atau jabatan ditentukan oleh tiga faktor penting di bawah ini, kecuali :
A. Memiliki keahlian khusus yang dipersiapkan oleh agenda pendidikan keahlian atau spesilaisasi
B.Memiliki tujuan yang terperinci dalam berkarir yang tercermin dalam perencanaan yang dibentuk untuk masa depannya.
C.Kemampuan untuk memperbaiki kemampuan (keterampilan dan keahlian khusus) yang dimiliki,
D.Penghasilan yang memadai sebagai imbalan terhadap keahlian yang dimilik
2. Guru merupakan suatu profesi yang artinya suatu jabatan atau pekerjaan yang memerlukan keahlian khusus sebagai guru. Suatu profesi mempunyai persyaratan tertentu menyerupai dibawah ini, kecuali :
A. menuntut adanya keterampilan yang mendasarkan pada konsep dan teori ilmu pengetahuan yang fundamental
B. menekankan pada suatu keahlian dalam bidang tertentu sesuai dengan profesinya
C. mempunyai tingkat pendidikan setingkat Doktor
D. menuntut tingkat pendidikan yang memadai
A. Memiliki keahlian khusus yang dipersiapkan oleh agenda pendidikan keahlian atau spesilaisasi
B.Memiliki tujuan yang terperinci dalam berkarir yang tercermin dalam perencanaan yang dibentuk untuk masa depannya.
C.Kemampuan untuk memperbaiki kemampuan (keterampilan dan keahlian khusus) yang dimiliki,
D.Penghasilan yang memadai sebagai imbalan terhadap keahlian yang dimilik
2. Guru merupakan suatu profesi yang artinya suatu jabatan atau pekerjaan yang memerlukan keahlian khusus sebagai guru. Suatu profesi mempunyai persyaratan tertentu menyerupai dibawah ini, kecuali :
A. menuntut adanya keterampilan yang mendasarkan pada konsep dan teori ilmu pengetahuan yang fundamental
B. menekankan pada suatu keahlian dalam bidang tertentu sesuai dengan profesinya
C. mempunyai tingkat pendidikan setingkat Doktor
D. menuntut tingkat pendidikan yang memadai
3. Profesi ialah suatu jabatan atau pekerjaan yang menuntut keahlian (expertise) para anggotanya. Artinya pekerjaan itu tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang yang tidak terlatih dan tidak disiapkan secara khusus untuk melaksanakan pekerjaan itu. Hal ini termasuk dalam jenis :
A. Kompetensi Paedagogik
B. Kompetensi Profesional
C. Kompetensi Kepribadian
D. Kompetensi Sosial
4. Guru disyaratkan mempunyai sifat yang jujur, berbudi luhur, dewasa, beriman, bermoral; kemampuan mengaktualisasikan diri menyerupai disiplin, tanggung jawab, peka, objektif, luwes, berwawasan luas, sanggup berkomunikasi dengan orang lain. Hal tersebut termasuk dalam jenis :
A. Kompetensi Paedagogik
B. Kompetensi Profesional
C. Komppetensi Kepribadian
D. Kompetensi Sosial
5. Guru harus mempunyai pemahaman akan sifat, ciri anak didik dan perkembangannya, mengerti beberapa konsep pendidikan yang mempunyai kegunaan untuk membantu siswa, menguasai beberapa metodologi mengajar yang sesuai dengan materi dan perkambangan siswa, sertanmenguasai sistem penilaian yang sempurna dan baik yang pada gilirannya semakin meningkatkan kemampuan siswa. Hal ini termasuk dalam jenis kompetensi :
A. Kompetensi Paedagogik
B. Kompetensi Profesional
C. Komppetensi Kepribadian
D. Kompetensi Sosial
6. Guru haruslah mempunyai jati diri sebagai langsung yang baik, tanggung jawab, terbuka, dan terus mau berguru untuk maju. Hal ini termasuk jenis kompetensi :
A. Kompetensi Paedagogik
B. Kompetensi Profesional
C. Komppetensi Kepribadian
D. Kompetensi Sosial
7. Guru wajib mempunyai sifat tenggang rasa pada orang lain, toleransi pada orang lain, mempunyai sikap dan kepribadian yang positif serta menempel pada setiap kopetensi yang lain, dan bisa bekerja sama dengan orang lain. Hal tersebut termasuk jenis kompetensi :
A. Kompetensi Paedagogik
B. Kompetensi Profesional
C. Kompetensi Profesional
D. Kompetensi Sosial
8. Berikut ini termasuk dalam dimensi kompetensi sosial, kecuali :
A. kerja tim, melihat peluang, tugas dalam acara kelompok, tanggung jawab sebagai warga
B. kepemimpinan, relawan sosial, kedewasaan dalam bekreasi, membuatkan
C. berempati, kepedulian kepada sesama, toleransi, solusi konflik, mendapatkan perbedaan, kerja sama
D. IQ yang tinggi, korelasi yang luas dan berkualitas, manajerial, kepemimpinan
9. Menurut laporan dari Jurnal Educational Leadership edisi Maret 1993, guru profesional dituntut mempunyai lima hal. Tiga diantaranya tersebut dibawah ini, kecuali :
A.Guru mempunyai korelasi yang luas, bisa membangun komunikasi dengan profesi lain
B.Guru mempunyai komitmen pada siswa dan proses belajarnya.
C.Guru menguasai secara mendalam bahan/materi pelajaran yang diajarkannya serta cara mengajarkannya kepada para siswa.
D.Guru bertanggung jawab memantau hasil berguru siswa melalui banyak sekali teknik evaluasi, mulai cara pengamatan dalam sikap siswa sampaites hasil belajar.
10. Standar kompetensi guru terdiri atas tiga komponen yang saling mengait menyerupai di bawah ini, kecuali :
A.Pengelolaan pembelajaran
B.tingkat Kecerdasan yang tinggi
C.pengembangan profesi
D.penguasaan akademik.
kunci jawaban
1. B
2. C
3. B
4. C
5. A
6. C
7. D
8. D
9. A
10.B
Untuk pertanyaan no. 11 s.d. 20 wacana Evaluasi
11. Prinsip penilaian mencakup hal-hal sebagai berikut ini kecuali :
A. objektivitas
B. kontinuitas
C. integritas
D. keefektifan
12. Ciri-ciri penilaian yang baik ialah :
A. keefektifan dan efisiensi
B. objektifitas dan integritas
C. kesahihan dan keandalan
D. komprehensif dan kooperatif
13. Teori yang menyatakan bahwa proses berguru terjadi pada anak ketika berkolaborasi dengan orang lain atau dilakukan secara individual yang di dalamnya terjadi proses internalisasi, merupakan pendapat dari::
A. Piaget
B. Vigotsky
C. Erikson
D. Smilansky
14. Pernyataan yang salah di bawah ini ialah :
A. antara PAP dan PAN, masing-masing mempunyai kelebihan
B. antara PAP dan PAN, masing-masing mempunyai kelemahan
C. pernyataan keduanya benar
D. pernyataan keduanya salah
15. Berikut ini pernyataan yang benar ialah :
A. mutu penilaian bergantung pada mutu asesmen, termasuk tes dan pengukuran
B. mutu penilaian bergantung pada mutu asesmen
C. mutu penilaian bergantung pada tes dan pengukuran
D. pernyataan a, b dan c salah
16. Berikut ini pernyataan yang benar ialah :
A. tes ialah awal dari penilaian
B. tes ialah bab dari pengukuran
C. tes ialah sebuah instrumen
D. ketiga pernyataan benar
17. Diantara bentuk soal berikut, mana yang paling menguntungkan untuk mengukur target yang meminta siswa mengingat informasi, tidak hanya mengenalinya :
A. tanggapan pendek
B. menjodohkan
C. benar salah
D. pilihan ganda
18. Diantara jenis soal ini, mana yang paling cocok untuk mengukur sikap kreatif :
A. penilaian produk
B. benar salah
C. pilihan ganda
D. menjodohkan
19. Dari jenis soal ini, mana yang paling dihindari sebagai tes satu soal :
A. penilaian produk
B. benar salah
C. pilihan ganda
D. menjodohkan
20. Kalau tes sudah dibakukan, maka tes itu :
A. sudah diuji lapangan
B. absah
C. mahal
D. merupakan ukuran bakat