Soal UKK/ UAS B. Indonesia Kelas 8 SMP/ MTs Semester 2 Kurikulum 2013
Monday, 6 November 2017
Edit
Soal UKK Bhs. Ind Kelas 8 Kurikulum 2013. Download soal latihan Ulangan Kenaikan Kelas/ Ujian Akhir Semester Kelas VIII untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah Semester II sesuai dengan Kurikulum 2013/ Kurtilas/ K 13 dan disertai dengan kunci jawabannya Th. 2019.
Satuan Pendidikan : SMP/ MTs
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : VIII
Kurikulum : 2013
Semester : 2 ( dua )/ Genap
Alokasi waktu : 120 menit
Jumlah Soal : 50 Pilihan Ganda/ PG
Update : Kumpulan Soal UKK/ UAS Kelas 8 Semester 2 KTSP dan Kurikulum 2013
Dibawah ini disertakan sebagian dari soal uas bhs indonesia kls 8 sms 2 kurtilas, yaitu :
Ujian Nasional merupakan tahap akhir evaluasi belajar siswa dalam menyerap ilmu yang
diterimanya di sekolah. Ujian Nasional merupakan kebijakan pemerintah dalam bidang pendidikan
dan pelaksanaannya dilaksanakan oleh lembaga-lembaga seperti SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK dengan tujuan agar siswa mengetahui kemampuannya serta mengukur kemampuannya dalam menyerap ilmu yang diterimanya di sekolah yang bersangkutan. Meskipun demikian, ujian nasional merupakan sesuatu yang pro dan kontra di kalangan masyarakat. Di satu sisi, masyarakat yang pro diadakannya Ujian Nasional adalah mereka yang beralasan bahwa dengan adanya ujian nasional akan dapat mengevaluasi sejauh mana siswa mampu menyerap ilmu yang diterimanya.
Tetapi di sisi lain, ada juga masyarakat yang kontra terhadap pelaksanaan ujian nasional bahkan mereka mengatakan ujian nasional tidak perlu diadakan. Mereka beranggapan seperti itu karena dalam ujian nasional tidak sedikit mengandung unsur-unsur penipuan Misalnya, ada siswa yang dengan mudah membeli soal UN dan orang yang menjualnya dengan mudah memberikannya karena tergiur denagn imbalan. Bocoran soal UN juga sering terjadi setiap tahun setiap akan diadakannya UN. Hal ini tentu merupakan suatu yang kontradiksi dari tujuan Ujian Nasional, yaitu mengukur kemampuan siswa dalam menyerap ilmu yang diterimanya.
Dari dua pendapat berbeda di atas, pemerintah dituntut untuk dapat memperbaiki sistem pendidikan yang ada di negeri ini. Pemerintah tidak berpihak terhadap yang pro maupun yang kontra dengan UN. Pemerintah bersikap netral. Dengan demikian, masyarakat yang pro dan kontra terhadap UN, tidak akan lagi berselisih pendapat tentang diadakannya UN.
1. Bagian pendahuluan terdapat pada paragraf ….
a. Pertama
b. kedua
c. ketiga
d. keempat
2. Dalam struktur teks diskusi terdapat bagian pendahuluan. Disebut bagian pendahuluan karena….
a. Memperkenalkan pihak-pihak yang akan berdiskusi
b. Menyajikan fakta-fakta yang akan didiskusikan
c. Memberikan data-data awal untuk didiskusikan
d. Memuat pernyataan topik apa yang akan didiskusikan
3. Berikut pernyataan yang tidak sesuai dengan teks diskusi tersebut…
a. Pemerintah seharusnya mendukung satu pihak agar mendapatkan penyelesaian terhadap pro dan kontra UN.
b. Pihak yang pro UN mengatakan bahwa UN diperlukan untuk mengevaluasi sejauh mana siswa
menyerap ilmu yang selama ini diterimanya.
c. Penyelenggaraan UN masih diwarnai kecurangan di sana-sini seperti kebocoran soal
d. Ujian Nasional merupakan tahap akhir evaluasi belajar siswa dalam menyerap ilmu yang diterimanya di sekolah.
4. Berikut merupakan simpulan dari teks diskusi tersebut…
a. Ujian Nasional merupakan kebijakan pemerintah untuk mengevaluasi kualitas pendidikan secara nasional
b. Pemerintah seharusnya mendukung pihak pro-UN karena UN sesuai dengan program pemerintah.
c. Pemerintah diharapkan dapat memperbaiki sistem pendidikan di Indonesia agar tidak adalagi pihak yang berselisih tentang pelaksanaan UN.
d. Kecurangan-kecurangan di setiap pelaksanaan UN membuat UN itu sendiri menjadi kontradiktif dengan tujuan UN