Silabus Bahasa Indonesia Kelas 5 Sd

 Silabus Bahasa Indonesia
Kelas 5 Semester 1
SDN Cipamokolan 3 Bandung

Pelajaran I
SILABUS

Mata Pelajaran                      :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                  :  5 / 1
Standar Kompetensi            :  Memahami klarifikasi narasumber dan dongeng rakyat secara lisan.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
1. Mendengarkan
Menanggapi klarifikasi nara sumber petani, pedagang, nelayan, karyawan dll) dengan memperhatikan santun berbahasa.



o   Siswa sanggup mendengarkan penjelasan.
o   Siswa sanggup menanggapi pernyataan.
o   Siswa sanggup menanggapi klarifikasi nara sumber.
o   Siswa sanggup menuliskan hal-hal penting dari klarifikasi nara sumber.
o   o        Siswa sanggup menceriterakan kembali klarifikasi nara sumber.
Teks klarifikasi nara sumber
o   Mendengarkan penjelasan.
o   Menananggapi pernyataan.
o   Menanggapi. klarifikasi nara sumber.
o   Menuliskan hal-hal penting dari klarifikasi nara sumber.
o   menceriterakan klarifikasi nara sumber.

1x pertemuan
2 x 35 menit
Kaset/CD/TeksBuku Bina Bahasa Indonesia hal 2-3. Penerbit Erlangga
Lisan.
Tertulis


Mata Pelajaran                      :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                  :  5 / 1
Standar Kompetensi            :  Mengungkap pikiran,pendapat,perasaan, fakta secara verbal dengan menanggapi suatu persoalan, menceriterkan hasil pengamatan atau berwawancara.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
2.          Berbicara
Menanggapi suatu dilema atau kejadian dan menunjukkan saran pemecahannya dengan memperhatikan pikiran, kata dan santun berbahasa
§     Siswa sanggup memperagakan teks percakapan.
§     Siswa sanggup menjawab pertanyaan dari isi percakapan.
§     Siswa sanggup mencatat pokok-pokok dilema dalam percakapan.
§     Siswa sanggup menunjukkan saran dan pendapat terhadap dilema dengan bahasa yang benar.
Teks percakapan
§     Memperagakan percakapan.
§     Menjawab pertanyaan menurut teks percakapan.
§     Mencatat pokok-pokok dilema dalam percakapan.
§     Memberikan balasan berupa pendapat,saran atau bantalan an terhadap suatu persoalan.
1 x pertemuan
2 x 35 menit
Kurikulum 2006 teks percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 3 – 6.
  Lisan
Tertulis
   Penugasan



Mata Pelajaran                      :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                  :  5 / 1
Standar Kompetensi            :  Memahami Teks dengan membaca teks percakapan, membaca cepat 75 kata permenit dan membaca puisi.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
3.Membaca
Membaca teks percakapan dengan lafal dan intonasi yang tepat.
§    Siswa sanggup membaca teks percakapan dengan lancer.
§    Siswa sanggup menjawab pertanyaan dengan tepat.
§    Siswa sanggup melengkapai percakapan dengan kalimat yang tepat.
Teks    percakapan
§    Membaca teks percakapan dengan lancar dan jelas.
§    Menjawab pertanyaan menurut teks percakapan.
§    Melengkapi percakapan yamg belum selesai dengan kalimat yang runtun.
1x pertemuan
2 x 35 menit
Bacaan percakapan Buku
Lisan.
 Tertulis
Tugas

Mata Pelajaran                      :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                  :  5 / 1
Standar Kompetensi            :  Mengungkapkan pikiran,perasaan,informasi dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan, surat permintaan dan dialok tertulis.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
4.Menulis
§        surat permintaan (ulang tahun,acara agama,kegiatan sekolah) dengan kalimat efektif dan memperhatikan penggunaan ejaan

§        menggunakan kata depan : pada,sejak dan selama.
§     Siswa sanggup mengenal surat undangan.
§     Siswa sanggup melengkapi surat permintaan menurut klarifikasi .
§     Siswa sanggup menulis surat permintaan dengan benar.
§     Siswa sanggup memakai kata depan : pasa,sejak,selama dengan benar.
§     Sisswa sanggup melengkapi kalimat dengan kata depan.
§     Siswa sanggup menciptakan kalimat dengan kata depan.
Surat permintaan ulang tahun
§     Mengenal surat permintaan ulang tahun
§     Melengkapi surat permintaan menurut penjelasan.
§     Menulis surat permintaan dengan benar.
§     Memahami bentuk kata depan pada sejak,selama.
§     Melengkapi kalimat dengan kata depan : pada,sejak,selama.
§     Membuat kalimat dengan kata depan : pada,sejak,selama dengan benar.
1 x pertemuan
2 x 35 menit
Kurikulum 2006 teks percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 7-8
Lisan
Tertulis
Penugasan


Pelajaran 2
SILABUS

Mata Pelajaran                      :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                :  5 / 1
Standar Kompetensi           :  Memahami klarifikasi nara sumber dan dongeng rakyat secara lisan.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
1. Mendengarkan
Mengidentifikasi unsur dongeng rakyat yang didengar


 

§    Siswa sanggup mendengarkan dongeng rakyat.
§    Siswa sanggup mencatat nama-nama tokoh dalam cerita
§    Siswa sanggup menjelaskan sifat tokoh dengan tepat.
§    o        Siswa sanggup menunjukkan balasan mengenai isi dongeng rakyat yang didengar.
Cerita Rakyat
§    Mendengarkan dongeng rakyat.
§    Mendaftar nama-nama tokoh dongeng yang didengar.
§    Mencatat latar dan alamat dongeng rakyat yang didengar.
§    Memberikan balasan mengenai isi dongeng rakyat yang didengar.
1x pertemuan
2 x 35 menit
§    Kurikulum 2006 KTSP.
§    Cerita rakyat Buku Bina Bahasa Ind hal : 18-19.
§    Kaset/CD berisi dongeng rakyat
Lisan.
Tertulis
Tugas


Mata Pelajaran                      :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                  :  5 / 1
Standar Kompetensi            :  Mengungkap pikiran,pendapat,perasaan,fakta secara verbal dengan menanggapi suatu persoalan, menceriterkan hasil pengamatan atau berwawancara.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
2.  Berbicara
menceritakan hasil pengamatan/kunjungan dengan bahasa runtut,baik dan benar.
§    Siswa sanggup menetukan hal-hal yang diamati dalam gambar.
§    Siswa sanggup menceritakan isi gambar menurut hal-hal yang telah ditentukan.
§    Siswa sanggup menceritakan isi gambar secara lisan.
Gambar ilustrasi
§   Menentukan hal-hal yang diamati menurut gambar ilustrasi.
§    Menceritakan isi gambar menurut hal-hal yang telah ditentukan.
§    Menceritakan isi gambar secara lisan.

1 x pertemuan
2 x 35 menit
Kurikulum 2006 teks percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 19–21
Lisan
        Tertulis
        Penugasan



Pelajaran 3
SILABUS

Mata Pelajaran                      :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                  :  5 / 1
Standar Kompetensi            :  Memahami Teks dengan membaca teks percakapan, membaca cepat 75 kata permenit dan membaca puisi.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
1. Membaca
Membaca puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat..
§    Siswa sanggup membaca puisi dengan ekspresi yang tepat.
§    Siswa sanggup membacakan puisi dengan penghayatan yang benar.
§    Siswa sanggup menentukan jeda,penggalan kata dalam puisi dengan tepat.
Teks   puisi
§    Memahami membaca puisi dengan ekpresi yang tepat.
§    Membacakan puisi dengan penghayatan yang tepat.
§    Menentukan jeda atau penggalan kata yang tepat.
1x pertemuan
2 x 35 menit
Bacaan percakapan
        Lisan.
        Tertulis
        Tugas


Mata Pelajaran                      :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                  :  5 / 1
Standar Kompetensi            :  Mengungkapkan pikiran, perasaan, gosip dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan, surat permintaan dan obrolan tertulis.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
2. Menulis
§        Menulis karangan menurut pengamatan dengan memperhatikan pilihan kata dan penggunaan  ejaan.

§        Memehami kalimat yang mengungkapkan harapan.
§    Siswa sanggup menuliskan karangan menurut gambar seri.
§    Siswa sanggup mengurutkan gambar seri yang benar.
§    Siswa sanggup menulis dongeng yang utuh dan padu.
§    Siswa sanggup mengungkapkan kalimat harapan.
§    Siswa sanggup menentukan kalimat harapan.
Gambar Seri
§    Memahami penulisan karangan menurut gambar seri.
§    Mengurutkan gambar seri dengan benar.
§    Menulis dongeng yang utuh dan padu menurut gambar seri.
§    Memahami kalimat yang mengungkap harapan.
§    Menentukan kalimat yang mengungkapkan harapan.
§    Membuat kalimat yang mengungkapkan harapan.
1 x pertemuan
2 x 35 menit
 Kurikulum 2006 KTSP.
Buku Bina Bahasa Indonesia hal. 23-26. 
        Lisan
        Tertulis
        Penugasan



Mata Pelajaran                      :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                  :  5 / 1
Standar Kompetensi            :  Memahami klarifikasi nara sumber dan dongeng rakyat secara lisan.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
3. mendenga rkan
Menanggapi klarifikasi nara sumber (petani,pedagang,nelayan,karyawan dll) dengan memperhatikan santun berbahasa.


 

§    Siswa sanggup mendengarkan klarifikasi nara sumber yang benar.
§    Siswa sanggup melengkapi pernyataan menurut klarifikasi nara sumber yang didengar.
§    Siswa sanggup menentukan dilema dalam kejadian menurut gambar.
§    Siswa sanggup melengkapi klarifikasi dari nara sumberr.
Teks klarifikasi nasa sumber
§    Mendengarkan klarifikasi nara sumber.
§    Melengkapi pernyataan menurut nara sumber yang didengar.
§    Menentukan atau memilihhal penting dari klarifikasi nara sumber yang didengar.
§    Menentukan dilema dalam kejadian menurut gambar.
§    Menanggapi klarifikasi dari nara sumber.

1x pertemuan
2 x 35 menit
  Kurikulum 2006 KTSP.
   Cerita rakyat Buku Bina Bahasa Ind hal : 35-35

 Lisan.
Tertulis
Tugas

Mata Pelajaran                      :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                  :  5 / 1
Standar Kompetensi            :  Mengungkap pikiran, pendapat, perasaan, fakta secara verbal dengan menanggapi suatu persoalan,  menceriterakan hasil pengamatan atau berwawancara.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
4. Berbicara
Menang gapi suatu dilema atau kejadian dan menunjukkan saran pemecahannya dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa.
§    Siswa sanggup memperagakan percakapan di depan kelas dengan benar.
§    Siswa sanggup menjelaskan masalah yang terdapat dalam teks percakapan.
§    Siswa sanggup menentukan dilema dalam kejadian menurut gambar.
§    Siswa sanggup menanggapi dilema dengan menunjukkan pendapat dan saran menurut gambar.
Teks percakapan dan gambar
§    Memperagakan percakapan di depan kelas.
§    Menjelaskan masalah atau kejadian yang terdapat dalam teks percakapan.
§    Menentukan dilema dalam kejadian menurut gambar.

1 x pertemuan
2 x 35 menit
Kurikulum 2006 teks percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 35-38
 Lisan
Tertulis
        Penugasan



Pelajaran 4
SILABUS

Mata Pelajaran                      :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                  :  5 / 1
Standar Kompetensi            :  Memahami Teks dengan membaca teks percakapan, membaca cepat 75 kata permenit dan membaca puisi.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
1. Membaca
Menemukan gagasan utama suatu teks yang dibaca dengan kecepatan 75 kata permenit.
§    Siswa sanggup membaca teks bacaan dengan cepatt.
§    Siswa sanggup menjawab pertanyaan dengan benar.
§    Siswa sanggup melengkapi kalimat suatu teks bacaan.
§    Siswa sanggup menciptakan kesimpulan menurut teks bacaan yang dibaca.
Teks   bacaan
§    Membaca teks bacaan dengan cepat.
§    Menjawab pertanyaan.
§    Melengkapi kalimat suatu teks bacaan.
§    Membuat kesimpulan menurut teks bacaan yang dibaca.
1x pertemuan
2 x 35 menit
Kurikulum 2006 Bacaan percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 39-40
        Lisan.
        Tertulis
        Tugas
        Portofolio

Mata Pelajaran                      :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                  :  5 / 1
Standar Kompetensi            :  Mengungkapkan pikiran, perasaan, gosip dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan, surat permintaan dan obrolan tertulis.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
 Pelaian
2. Menulis
§   Menulis karangan menurut pengalaman dengan memperhatikan pilihan kata dan penggunaan  ejaan.

§   Memahami penggunaan awalan ber-.
§    Siswa sanggup mengurutkan gambar dengan benar.
§    Siswa sanggup menuliskan hal-hal yang diamati dari gambar.
§    Siswa sanggup mengembangkanpokok pikiran dalam gambarmenjadi sebuah cerita.
§    Siswa sanggup memahami arti awalan ber-.
§    Siswa sanggup menciptakan kalimat yang berawalan ber-.
Gambar Seri
§    Mengurutkan gambar seri dengan benar dan runtut.
§    Menuliskan hal-hal yang diamati dari gambar seri.
§    Mengembangkan hal yang diamati menjadi sebuah karangan atau cerita.
§    Memahami arti awalan ber-.
§    Membuat kalimat dengan memakai kata yang berawalan ber-.
1 x pertemuan
2 x 35 menit
        Kurikulum 2006 KTSP.
Buku Bina Bahasa Indonesia hal. 41-43. 
Lisan
        Tertulis
        Penugasan
        Portofolio



Mata Pelajaran                      :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                  :  5 / 1
Standar Kompetensi            :  Memahami klarifikasi nara sumber dan dongeng rakyat secara lisan.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
3. Mendengarkan
Mengidentifikasi unsure dongeng ihwal dongeng rakyat yang didengarnya..


 

§    Siswa sanggup mendengarkan pembacaan cerita.
§    Siswa sanggup melengkapi pernyataan menurut dongeng rakyat.
§    Siswa sanggup menentukan tkoh dan sifat tokoh dari dongeng yang didengar.
§    Siswa sanggup menjelaskan latar dan alamat dongeng rakyat yang didengar.
Teks dongeng rakyat
§    Mendengarkan pembacaan dongeng rakyat.
§    Melengkapi pernyataan menurut dongeng rakyat.
§    Menentukan tkoh dan sifat tokoh dari dongeng rakyat yang didengar.
§    Menentukan latar dan amanat dongeng yang didengar.
1x pertemuan
2 x 35 menit
        Kurikulum 2006 KTSP.
        Cerita rakyat Buku Bina Bahasa Ind hal : 50-51
 CD

Lisan.
        Tertulis
        Tugas
        Portofolio


Mata Pelajaran                          :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                                  :  5 / 1
Standar Kompetensi                 :  Mengungkap pikiran,pendapat,perasaan,fakta secara verbal dengan menanggapi suatu persoalan, menceriterakan hasil pengamatan atau berwawancara.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
4.  Berbicara
Berwawan cara sederhana dengan nara sumber (petani, pedagang, nelayan, karyawan dll) dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa.
§    Siswa sanggup memahami kegiatan wawancara dan memperagakan wawancara..
§    Siswa sanggup menuliskan daftar pertanyaan untuk melaksanakan wawancara.
§    Siswa sanggup melaksanakan wawancara dengan nara sumber.
§    Siswa sanggup memakai kata Tanya dengan tepat.
§    Siswa sanggup menciptakan kata Tanya apa,siapa,di mana,kapan,dari mana,bagaimana dan kapan dengan tepat.
Teks wawancara
§    Memahami kegiatan wawancara dan memperagakan wawancara.
§    Menuliskan daftar pertanyaan untuk melaksanakan wawancara..
§    Melakukan wawancara dengan nara sumber.
§    Menggunakan kata Tanya dengan sempurna dalam kalimat.

1 x pertemuan
2 x 35 menit
Kurikulum 2006 teks percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 51-54
Lisan
        Tertulis
        Penugasan
        Portofolio



Pelajaran 4
SILABUS

Mata Pelajaran                      :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                  :  5 / 1
Standar Kompetensi            :  Memahami Teks dengan membaca teks percakapan,membaca cepat 75 kata permenit dan membaca puisi.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
1. Membaca
Membaca teks percakapan dengan lafal dan intonasi yangtepat.
§    Siswa sanggup membaca teks bacaan secara berpasangan di depan kelas.
§    Siswa sanggup mencatata hal-hal pkok dalam percakapan.
§    Siswa sanggup menuliskan isi kesimpulan percakapan.

Teks   Percakapan
§    Membaca teks percakapan secara berpasangan.
§    Mencatat hal-hal pokok dalam percakapan.
§    Menuliskan kesimpulan dari isi percakapan.

1x pertemuan
2 x 35 menit
Kurikulum 2006 Bacaan percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 55
        Lisan.
        Tertulis



Mata Pelajaran                      :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                  :  5 / 1
Standar Kompetensi            :  Mengungkapkan pikiran,perasaan,informasi dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan, surat permintaan dan obrolan tertulis.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
2. Menulis
Menulis surat indangan ( ulang tahun,acara keagamaan,kegiatan sekolah,kenaikan kelas dll) dengan kalimat efektif dan memperhatikan ejaan..

§    Siswa sanggup membaca surat eksklusif secara cermat.
§    Siswa sanggup menentukan cirri-ciri surat pribadi.
§    Siswa sanggup melengkapi surat eksklusif yang belum lengkap.
§    Siswa sanggup menulis surat pribadi.
Surat pribadi
§    Membaca surat eksklusif dengan cermat.
§    Menentukan cirri-ciri surat pribadi.
§    Melengkapi surat eksklusif yang belum lengkap.
§    Menulis surat eksklusif dengan memperhatikan ejaan yang tepat.
1 x pertemuan
2 x 35 menit
        Kurikulum 2006 KTSP.
Buku Bina Bahasa Indonesia hal. 56-58. 
        Tertulis
        Portofolio



Pelajaran 5
SILABUS

Mata Pelajaran                      :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                  :  5 / 1
Standar Kompetensi            :  Memahami klarifikasi nara sumber dan dongeng rakyat secara lisan.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
1. Mendengarkan
Menanggapi klarifikasi nara sumber (petani, pedagang, nelayan, karyawan dll) dengan memperhatikan santun berbahasa.


 

§  Siswa sanggup mendengarkan nara sumber.
§    Siswa sanggup hal-hal pentingdari klarifikasi yang didengarkan.
§    Siswa sanggup mengajukan pertanyaan menurut penjelasan.
§    Siswa sanggup menanggapi isi penjelasan.
Teks klarifikasi nara sumber
§    Mendengarkan klarifikasi nara sumber.
§    Mencatat hal-hal yang penting dari klarifikasi nara sumber.
§    Mengajukan pertanyaan menurut penjelasan.
        Menanggapi isi penjelasan.

1x pertemuan
2 x 35 menit
        Kurikulum 2006 KTSP.
Cerita rakyat Buku Bina Bahasa Ind hal : 64-65
        CD/kaset

        Lisan.
        Tertulis


Mata Pelajaran                      :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                  :  5 / 1
Standar Kompetensi            :  Mengungkap pikiran,pendapat,perasaan,fakta secara verbal dengan menanggapi suatu persoalan, menceriterkan hasil pengamatan atau berwawancara.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
2.Berbicara
Berwawancara sederhana dengan nara sumber (petani,pedagang,nelayan,karyawan dll) dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa.
§    Siswa sanggup memperagakan wawancara dengan benar.
§    Siswa sanggup mencatat hal-hal penting yang dibicarakan dalam wawancara.
§    Siswa sanggup menuliskan daftar pertanyaan untuk melaksanakan wawancara.
§    Siswa sanggup wawancara dengan nara sumber.
§    Siswa sanggup melaporkan hasil wawancara dengan baik.
Teks wawancara
§    memperagakan wawancara.
§    Mencatat hal-hal penting yang dibicarakan dalam wawancara.
§    Menuliskan daftar pertanyaan untuk melaksanakan wawancara.
§    Melakukan wawancara dengan nara sumber.
§    Melaporkan hasil wawancara yang telah dilakukan.

1 x pertemuan
2 x 35 menit
Kurikulum 2006 teks percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 65-68
Lisan
        Tertulis
        Penugasan
        Portofolio




Mata Pelajaran                      :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                  :  5 / 1
Standar Kompetensi            :  Memahami Teks dengan membaca teks percakapan,membaca cepat 75 kata permenit dan membaca puisi.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
3.Membaca
Membaca puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat.
§    Siswa sanggup menentukan jeda,penggalan kata dalam puisi.
§    Siswa sanggup membaca puisi dengan ekspresi dan penghayatan yang tepat.
§    Siswa sanggup mencari puisi yang bertemakan Pahlawan dan membacakan dengan ekspresi dan penghayatan yang tepat.
Teks   Puisi
§    Menentukan jeda,penggalan dalam puisi.
§    Membaca puisi dengan ekspresi dan penghayatan yang tepat.
§    Mencari puisi yang bertemakan Pahlawan  dan membacakan dengan ekspresi dan penghayatan yang tepat.

1x pertemuan
2 x 35 menit
Kurikulum 2006 Bacaan percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 67-68
        Lisan.
        Tertulis
        Penugasan



Mata Pelajaran                      :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                  :  5 / 1
Standar Kompetensi            :  Mengungkapkan pikiran,perasaan,informasi dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan, surat permintaan dan obrolan tertulis.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
4. Menulis
§  Menulis obrolan sederhana antara dua,tiga tokoh serta memperhatikan isi serta perannya.

§  Menggunakan tanda titik dua ( : ) dalam kalimat.

§    Siswa sanggup memahami obrolan atau percakapan dengan benar.
§    Siswa sanggup melengkapi obrolan yang belum selesai.
§    Siswa sanggup menulis obrolan dengan tema yang telah ditentukan.
§    Siswa sanggup memperagakan dialg di depan kelas.
§    Siswa sanggup memahami penggunaan tanda baca titik dua ( : ).
§    Siswa sanggup memakai tanda titik dua ( : ).
Teks dialog
§    Memahami obrolan atau percakapan.
§    Melengkapi obrolan yang belum selesai.
§    Menulis obrolan dengan tema yang telah ditentukan.
§    Memperagakan obrolan di depan kelas.
§    Memahami penggunaan tanda titik dua ( : )
§    Menggunakan tanda titik dua ( : ).

1 x pertemuan
2 x 35 menit
        Kurikulum 2006 KTSP.
        Buku Bina Bahasa Indonesia hal. 69-72. 
        Tertulis
        Portofolio
        Lisan
        Tugas



Pelajaran 6
SILABUS

Mata Pelajaran                      :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                  :  5 / 1
Standar Kompetensi            :  Memahami klarifikasi nara sumber dan dongeng rakyat secara lisan.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
1. Mendengarkan
Memahami klarifikasi nara sumber dan dongeng rakyat secara lisan.


 

§    Siswa sanggup memahami alur dongeng dalam dongeng rakyat.
§    Siswa sanggup mendengarkan pembacaan dongeng rakyat yang dibacakan guru.
§    Siswa sanggup menjawab pertanyaan secara lisan.
§    Siswa sanggup mengisi table alur dongeng secara kelompok.
§    Siswa sanggup menceriterakan kembali dongeng rakyat yang didengar dengan kata-kata sendiri
Teks Cerita Rakyat
§    Memahami unsure alur dalam dongeng rakyat.
§    Mendengarkan dongeng rakyat yang dibacakan guru.
§    Menjawab pertanyaan secara lisan.
§    Mengisi table alur dongeng rakyat secara kelompok.
§    Menceriterakan kembali dongeng rakyat yang didengar dengan kata-kata sendiri.

1x pertemuan
2 x 35 menit
        Kurikulum 2006 KTSP.
Cerita rakyat Buku Bina Bahasa Ind hal : 84-85
        CD/kaset

Lisan.
Tertulis



Mata Pelajaran                      :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                  :  5 / 1
Standar Kompetensi            :  Mengungkap pikiran,pendapat,perasaan,fakta secara verbal dengan menanggapi suatu persoalan, menceriterkan hasil pengamatan atau berwawancara.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
2.Berbicara
Menceriterakan hasil pengamatan/kunjungan dengan bahasa runtut,baik dan benar .
§    Siswa sanggup memahami laporan hasil kunjungan.
§    Siswa sanggup menciptakan laporan hasil kunjungan dengan benar.
§    Siswa sanggup memberikan hasil laporan dengan benar.
§    Siswa sanggup menanggapi isi laporan kunjungan.
Teks Laporan Hasil Kunjungan
§    Memahami laporan hasil kunjungan.
§    Membuat laporan hasil kunjungan.
§    Menyampaikan hasil laporan kunjungan.
§    Menanggapi isi laporan kunjungan.

1 x pertemuan
2 x 35 menit
Kurikulum 2006 teks percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 85-87
Lisan
Tertulis
Portofolio



Mata Pelajaran                      :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                  :  5 / 1
Standar Kompetensi            :  Memahami Teks dengan membaca teks percakapan, membaca cepat 75 kata permenit dan membaca puisi.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
3. Membaca
Menemukan gagasan utama suatu teks yang dibaca dengan kecepatan 75 kata/menit.
§    Siswa dapat.membaca bacaan dengan kecepatan 75/menit.
§    Siswa sanggup mencatat hal-hal penting dari bacaan yang dibaca .
§    Siswa sanggup mengajukan dan menjawab pertanyaan menurut gosip bacaan yang dibaca.
§    Siswa sanggup menceriterakan kembali isi bacaan yang dibaca.
Teks   Bacaan
§    Membaca bacaan dengan kecepatan 75 kata/menit.
§    Mencatat hal-hal penting dari bacaan yang dibaca.
§    Mengajukan dan menjawab pertanyaan menurut gosip bacaan yang telah dibacat.
§    Menceriterakan kembali isi bacaan yang telah dibaca.
1x pertemuan
2 x 35 menit
Kurikulum 2006 Bacaan percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 87-90
        Lisan.
        Tertulis


Mata Pelajaran                      :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                  :  5 / 1
Standar Kompetensi            :  Mengungkapkan pikiran,perasaan, gosip dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan, surat permintaan dan obrolan tertulis.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
4. Menulis
Menulis karangan menurut pengalaman dengan memperhatikan pilihan kata dan penggunaan ejaan.

§    Siswa sanggup memahami penggunaan kata penghubung tetapi.
§    Siswa sanggup menciptakan kalimat dengan kata tetapi.
§    Siswa sanggup menguraikan kalimat dengan kata penghubung tetapi menjadi kalimat tunggal.
§    Siswa sanggup mengurutkan gambar seri dengan benar.
Teks Gambar Seri
§    Memahami penggunaan kata penghubung tetapi.
§    Membuat kalimat dengan kata tetapi.
§    Menguraikan kalimat dengan kata penghubung tetapi menjadi kalimat tunggal.
§    Mengurutkan gambar seri dengan tepat.
1 x pertemuan
2 x 35 menit
        Kurikulum 2006 KTSP.
        Buku Bina Bahasa Indonesia hal. 90-92. 
        Tertulis




Pelajaran 7
SILABUS

Mata Pelajaran                      :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                  :  5 / 1
Standar Kompetensi            :  Memahami klarifikasi nara sumber dan dongeng rakyat secara lisan.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
1. Mendengarkan
Mengidentifikasi unsure dongeng ihwal dongeng rakyat yang dibacakan

 

§  Siswa sanggup mendengarkan pembacaan dongeng rakyat.
§    Siswa sanggup menjawab pertanyaan secara lisan.
§    Siswa sanggup mendaftar unsure-unsur dongeng rakyat.
§    Siswa sanggup menceriterakan dongeng rakyat dengan kata-kata sendiri.
Teks Cerita Rakyat
§    Mendengarkan pembacaan dongeng rakyat.
§    Menjaawab pertanyaan secara lisan.
§    Mendaftar unsure-unsur dongeng rakyat.
§    Menceriterakan kembali dongeng rakyat yang telah dibaca.
1x pertemuan
2 x 35 menit
 Kurikulum 2006 KTSP.
Cerita rakyat Buku Bina Bahasa Ind hal : 100-101
        CD/kaset

        Lisan.
        Tertulis



Mata Pelajaran                      :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                  :  5 / 1
Standar Kompetensi            :  Mengungkap pikiran,pendapat, perasaan,fakta secara verbal dengan menanggapi suatu persoalan, menceriterkan hasil pengamatan atau berwawancara.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
2.Berbicara
Berwawancara secara sederhana dengan nara sumber (petani,pedagang,nelayan,karyawan dll) dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa.
§    Siswa sanggup memperagakan percakapan.
§    Siswa sanggup hal-hal yang penting yang dibacakan.
§    Siswa sanggup menyusun daftar pertanyaan untuk wawancara.
§    Siswa sanggup melaksanakan wawancara dengan nara sumber.
Teks Wawancara
§    Memperagakan wawancara.
§    Mencatat hal-hal penting yang dibaacakan.
§    Menyusun daftar pertanyaan untuk wawancara.
§    Melakukan wawancara dengan nara suber.

1 x pertemuan
2 x 35 menit
Kurikulum 2006 teks percakapan Buku Bina Bahasa Indnesia hal.101-103
        Lisan
        Tertulis


Pelajaran 8
SILABUS

Mata Pelajaran                      :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                  :  5 / 1
Standar Kompetensi            :  Memahami Teks dengan membaca teks percakapan,membaca cepat 75 kata permenit dan membaca puisi.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
1.Membaca
Menemukan gagasan utama suatu teks yang dibaca dengan kecepatan 75 kata/menit
§    Siswa dapat.membaca teks bacaan dengan intonasi yang tepat.
§    Siswa sanggup menjawab pertanyaan bacaan .
§    Siswa sanggup meringkas teks bacaan.
§    Siswa sanggup menentukan gagasan utama dalam bacaan.
Teks   Bacaan
§    Membaca bacaan dengan lafal dan infrmasi yang tepat.
§    Menjawab pertanyaan.
§    Meringkas teks bacaan.
§    Menentukan gagasan utama bacaan.
1x pertemuan
2 x 35 menit
Kurikulum 2006 Bacaan percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia
hal : 103-105
        Penugasan
        Tertulis



Mata Pelajaran                      :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                  :  5 / 1
Standar Kompetensi            :  Mengungkapkan pikiran, perasaan,informasi dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan, surat permintaan dan obrolan tertulis.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
2.Menulis
§    Menulis obrolan sederhana antara dua atau tiga tokoh dengan memperhatikan isi serta perannya.
§    Menggunakan tanda seru ( ! ) dalam kalimat

§    Siswa sanggup membaca pola dan kesimpulan isi dialog.
§    Siswa sanggup memperagakan percakapan dan menyimpulkan isi percakapan.
§    Siswa sanggup menulis dialg dengan tema yang telah ditentukan menurut gambar.
§    Siswa sanggup memperagakan obrolan tang dibentuk di depan kelas.
§    Siswa sanggup memahami penggunaan tanda seru ( ! ) dalam kalimat.
§    Siswa sanggup membubuhi tanda seru ( ! ) dalam kalimat.
§    Siswa sanggup menciptakan kalimat dengan mengguanakan tanda sseru ( ! )
Teks Dialog
§    Membaca pola dan kesimpulan dialog.
§    Memperagakan percakapan dan menyimpulkan isi dialog.
§    Menulis obrolan dengan tema yang telah ditentukan menurut gambar.
§    Memperagakan obrolan yang dibuat.
§    Memahami penggunaan tanda seru ( ! ) dalam kalimat.
§    Membubuhi tanda seru ( ! ) dalam kalimat.
        Membuat kalimat seru.

1 x pertemuan
2 x 35 menit
Kurikulum 2006 KTSP.
Buku Bina Bhs Indonesia    hal. 105-108 
        Tertulis
        Tertulis
        Penugasan



Mata Pelajaran                      :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                  :  5 / 1
Standar Kompetensi            :  Memahami klarifikasi nara sumber dan dongeng rakyat secara lisan.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
3.Mendengarkan
Menanggapi klarifikasi nara sumber  (petani,pedagang,nelayan,karyawan,dll) dengan memperhatikan santun berbahasa.
 

§    Siswa sanggup mendengarkan klarifikasi nara sumber.
§    Siswa sanggup menjawab pertanyaan menurut klarifikasi nara sumber.
§    Siswa sanggup mencatat pokok-pokok pembicaraan dari nara sumber.
§    Siswa sanggup menanggapi isi klarifikasi dari nara sumber.
Teks Penjelasan Nara Sumber
§    Mendengarkan klarifikasi dari nara sumber.
§    Menjaawab pertanyaan menurut klarifikasi dari nara sumber.
§    Mencatat pokok-pokok pembicaraan dari nara sumber.
§    Menanggapi isi klarifikasi dari nara sumber.

1x pertemuan
2 x 35 menit
Kurikulum 2006 KTSP.
Buku Bina Bahasa Indonesia hal 116-117

        Lisan.
        Tertulis



Mata Pelajaran                      :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                  :  5 / Pertama
Standar Kompetensi            :  Mengungkap pikiran,pendapat,perasaan,fakta secara verbal dengan menanggapi suatu persoalan, menceriterkan hasil pengamatan atau berwawancara.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
4.Berbicara
Menanggapi suatu dilema atau kejadian dan menunjukkan saran pemecahannya dengan memperhatikan pilihan pilihan kata dan santun berbahasa.
§    Siswa sanggup memperagakan percakapan di depan kelas.
§    Siswa sanggup menjelaskan masalah atau kejadian dengan menjawab pertanyaan.
Teks Percakapan
§    Memperagakan percakapan di depan kelas.
§    Menjelaskan masalah dengan menjawab pertanyaan.

1 x pertemuan
2 x 35 menit
Kurikulum 2006 teks percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal.117-119
        Lisan
        Tertulis



Mata Pelajaran                      :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                :  5 / 1
Standar Kompetensi            :  Memahami Teks dengan membaca teks percakapan, membaca cepat 75 kata permenit dan membaca puisi.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
5. Membaca
Menemukan gagasan  utama suatu teks yang dibaca dengan kecepatan 75 kata/menit
§    Siswa dapat.membaca selkilas teks tata tertib.
§    Siswa sanggup menjawab pertanyaan menurut teks tata tertib.
§    Siswa sanggup menulis teks tata tertib sekolah.
§    Siswa sanggup menentukan gagasan utama dalam bacaan.
Teks   Tata Tertib Sekolah
§    Membaca sekilas tata tertibt.
§    Menjawab pertanyaan menurut tata tertib.
§    Menjelaskan isi tata tertib.
§    Menulis tata tertib sekolah.
1x pertemuan
2 x 35 menit
Kurikulum 2006 Bacaan percakapan Buku Bina Bahasa Indnesia
hal : 119-121
Lisan
        Tertulis



Mata Pelajaran                      :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                :  5 / Pertama
Standar Kompetensi            :  Mengungkapkan pikiran,perasaan,informasi dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan,surat permintaan dan obrolan tertulis.


Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
6. Menulis
Menulis karangan menurut pengalaman dengan memperhatikan pilihan kata dan penggunaan ejaan.

§    Siswa sanggup menentukan judul karangan.
§    Siswa sanggup melengkapi bab awal,tengah,akhir cerita.
§    Siswa sanggup menulis karangan menurut pengalaman.
§    Siswa sanggup membaca karangan yang dibuat.
Siswa sanggup memahami penggunaan kata “tanpa”.
Teks Karangan
§    Menentukan judul karangan.
§    Melengkapi bab awal,tengah,akhir cerita.
§    Menulis karangan menurut pengalaman.
§    Membaca karangan yang dibentuk sendiri.
§    Memahami penggunaan kata “tanpa” dalam kalimat.
1 x pertemuan
2 x 35 menit
Kurikulum 2006 KTSP.
Buku Bina Bhs Indonesia    hal. 121-124. 
        Tertulis
        Potofolio



Pelajaran 9
SILABUS
Mata Pelajaran                      :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                :  5 / 1
Standar Kompetensi            :  Memahami klarifikasi nara sumber dan dongeng rakyat secara lisan.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
1.Mendengarkan
Mengidentifikasi unsure dongeng ihwal dongeng rakyat yang didengarnya.
 

§    Siswa sanggup mendengarkan pembacaan dongeng rakyat.
§    Siswa sanggup menentukan unsure-unsur cerita.
§    Siswa sanggup memberikan amanat/pesan dongeng secara lisan.
§    Siswa sanggup menceriterakan kembali dongeng rakyat yang didengar dengan kata-kata sendiri.
Siswa sanggup menulis balasan mengenai isi dongeng rakyat.
Teks Cerita Rakyat
§    Mendengarkan pembacaan dongeng rakyat.
§    Menentukan unsure-unsur cerita.
§    Menyampaikan amanat/pesan dongeng yang didengar.
§    Menceriterakan kembali dongeng yang didengar.
§    Menulis balasan mengenai dongeng rakyat yang didengar.
1x pertemuan
2 x 35 menit
Kurikulum 2006 KTSP.
Cerita rakyat Buku Bina Bahasa Ind hal : 132-133

  Lisan.
 Tertulis



Mata Pelajaran                      :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                :  5 / Pertama
Standar Kompetensi            :  Mengungkap pikiran,pendapat,perasaan, fakta secara verbal dengan menanggapi suatu persoalan, menceriterkan hasil pengamatan atau berwawancara.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
2.Berbicara
Menanggapi dilema atau kejadian dan menunjukkan saran pemecahannya dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa
§    Siswa sanggup memperagakan teks percakapan.
§    Siswa sanggup menanyakan dilema yang dibicarakan.
§    Siswa sanggup menunjukkan pendapat terhadap suatu persoalan.
Teks Percakapan
§    Memperagakan teks percakapan secara berpasangan di depan kelas.
§    Menanyakan dilema yang dibicarakan.
§    Memberikan pendapat terhadap suatu persoalan.
1 x pertemuan
2 x 35 menit
Kurikulum 2006 teks percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal.133-135
        Lisan
        Tertulis



Mata Pelajaran                      :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                :  5 / 1
Standar Kompetensi            :  Memahami Teks dengan membaca teks percakapan,membaca cepat 75 kata permenit dan membaca puisi.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
3.Membaca
Membaca puisidengan lafal dan intonasi yang tepat.
§    Siswa dapat.membaca puisi dengan ekpresi dan penghayatan yang tepat.
§    Siswa sanggup menjelaskan isi puisi yang dibaca dalam beberapa kalimat.
§    Siswa sanggup menciptakan puisi dan membacanya.
§    Siswa sanggup menilai dan mengomentari puisi yang dibacakan teman.
Teks   Puisi Anak
§    Membaca puisi dengan ekspresi dan penghayatan yang tepat.
§    Menjelaskan isi puisi yang dibaca dalam beberapa kalimat.
§    Membuat puisi dan membacanya.
§    Menilai dan mengomentari puisi yang dibacakan teman.
1x pertemuan
2 x 35 menit
Kurikulum 2006 Bacaan percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia
hal : 135-137
Lisan
Tertulis



Mata Pelajaran                      :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                :  5 / 1
Standar Kompetensi            :  Mengungkapkan pikiran, perasaan, gosip dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan,  surat permintaan dan obrolan tertulis.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alokasi Waktu
Alat dan Sumber Bahan
Penilaian
4.Menulis
Menulis surat permintaan (ulang tahun,acara keagamaan, kegiatan sekolah,kenaikan sekolah dll) dengan kalimat efektif dan memperhatikan penggunaan ejaan.
§    Siswa sanggup memahami bagian-bagian surat permintaan resmi.
§    Siswa sanggup melengkapi surat permintaan dengan tepat.
Teks Undangan Resmi
§    Memahami bagian-bagian surat permintaan resmi.
§    Melengkapi surat permintaan dengan tepat.
1 x pertemuan
2 x 35 menit
Kurikulum 2006 KTSP.
Buku Bina Bhs Indonesia    hal. 138-140 
        Tertulis
        Portofolio





Berbagai Sumber

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel