Silabus Bahasa Indonesia Kelas 5 Sd
Sunday, 25 February 2018
Edit
Silabus Bahasa Indonesia
Kelas 5 Semester 1
SDN Cipamokolan 3 Bandung
SILABUS
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / 1
Standar Kompetensi : Memahami klarifikasi narasumber dan dongeng rakyat secara lisan.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
1. Mendengarkan Menanggapi klarifikasi nara sumber petani, pedagang, nelayan, karyawan dll) dengan memperhatikan santun berbahasa. | o Siswa sanggup mendengarkan penjelasan. o Siswa sanggup menanggapi pernyataan. o Siswa sanggup menanggapi klarifikasi nara sumber. o Siswa sanggup menuliskan hal-hal penting dari klarifikasi nara sumber. o o Siswa sanggup menceriterakan kembali klarifikasi nara sumber. | Teks klarifikasi nara sumber | o Mendengarkan penjelasan. o Menananggapi pernyataan. o Menanggapi. klarifikasi nara sumber. o Menuliskan hal-hal penting dari klarifikasi nara sumber. o menceriterakan klarifikasi nara sumber. | 1x pertemuan 2 x 35 menit | Kaset/CD/TeksBuku Bina Bahasa Indonesia hal 2-3. Penerbit Erlangga | Lisan. Tertulis |
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / 1
Standar Kompetensi : Mengungkap pikiran,pendapat,perasaan, fakta secara verbal dengan menanggapi suatu persoalan, menceriterkan hasil pengamatan atau berwawancara.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
2. Berbicara Menanggapi suatu dilema atau kejadian dan menunjukkan saran pemecahannya dengan memperhatikan pikiran, kata dan santun berbahasa | § Siswa sanggup memperagakan teks percakapan. § Siswa sanggup menjawab pertanyaan dari isi percakapan. § Siswa sanggup mencatat pokok-pokok dilema dalam percakapan. § Siswa sanggup menunjukkan saran dan pendapat terhadap dilema dengan bahasa yang benar. | Teks percakapan | § Memperagakan percakapan. § Menjawab pertanyaan menurut teks percakapan. § Mencatat pokok-pokok dilema dalam percakapan. § Memberikan balasan berupa pendapat,saran atau bantalan an terhadap suatu persoalan. | 1 x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 teks percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 3 – 6. | Lisan Tertulis Penugasan |
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / 1
Standar Kompetensi : Memahami Teks dengan membaca teks percakapan, membaca cepat 75 kata permenit dan membaca puisi.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
3.Membaca Membaca teks percakapan dengan lafal dan intonasi yang tepat. | § Siswa sanggup membaca teks percakapan dengan lancer. § Siswa sanggup menjawab pertanyaan dengan tepat. § Siswa sanggup melengkapai percakapan dengan kalimat yang tepat. | Teks percakapan | § Membaca teks percakapan dengan lancar dan jelas. § Menjawab pertanyaan menurut teks percakapan. § Melengkapi percakapan yamg belum selesai dengan kalimat yang runtun. | 1x pertemuan 2 x 35 menit | Bacaan percakapan Buku | Lisan. Tertulis Tugas |
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / 1
Standar Kompetensi : Mengungkapkan pikiran,perasaan,informasi dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan, surat permintaan dan dialok tertulis.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
4.Menulis § surat permintaan (ulang tahun,acara agama,kegiatan sekolah) dengan kalimat efektif dan memperhatikan penggunaan ejaan § menggunakan kata depan : pada,sejak dan selama. | § Siswa sanggup mengenal surat undangan. § Siswa sanggup melengkapi surat permintaan menurut klarifikasi . § Siswa sanggup menulis surat permintaan dengan benar. § Siswa sanggup memakai kata depan : pasa,sejak,selama dengan benar. § Sisswa sanggup melengkapi kalimat dengan kata depan. § Siswa sanggup menciptakan kalimat dengan kata depan. | Surat permintaan ulang tahun | § Mengenal surat permintaan ulang tahun § Melengkapi surat permintaan menurut penjelasan. § Menulis surat permintaan dengan benar. § Memahami bentuk kata depan pada sejak,selama. § Melengkapi kalimat dengan kata depan : pada,sejak,selama. § Membuat kalimat dengan kata depan : pada,sejak,selama dengan benar. | 1 x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 teks percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 7-8 | Lisan Tertulis Penugasan |
Pelajaran 2
SILABUS
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / 1
Standar Kompetensi : Memahami klarifikasi nara sumber dan dongeng rakyat secara lisan.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
1. Mendengarkan Mengidentifikasi unsur dongeng rakyat yang didengar | § Siswa sanggup mendengarkan dongeng rakyat. § Siswa sanggup mencatat nama-nama tokoh dalam cerita § Siswa sanggup menjelaskan sifat tokoh dengan tepat. § o Siswa sanggup menunjukkan balasan mengenai isi dongeng rakyat yang didengar. | Cerita Rakyat | § Mendengarkan dongeng rakyat. § Mendaftar nama-nama tokoh dongeng yang didengar. § Mencatat latar dan alamat dongeng rakyat yang didengar. § Memberikan balasan mengenai isi dongeng rakyat yang didengar. | 1x pertemuan 2 x 35 menit | § Kurikulum 2006 KTSP. § Cerita rakyat Buku Bina Bahasa Ind hal : 18-19. § Kaset/CD berisi dongeng rakyat | Lisan. Tertulis Tugas |
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / 1
Standar Kompetensi : Mengungkap pikiran,pendapat,perasaan,fakta secara verbal dengan menanggapi suatu persoalan, menceriterkan hasil pengamatan atau berwawancara.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
2. Berbicara menceritakan hasil pengamatan/kunjungan dengan bahasa runtut,baik dan benar. | § Siswa sanggup menetukan hal-hal yang diamati dalam gambar. § Siswa sanggup menceritakan isi gambar menurut hal-hal yang telah ditentukan. § Siswa sanggup menceritakan isi gambar secara lisan. | Gambar ilustrasi | § Menentukan hal-hal yang diamati menurut gambar ilustrasi. § Menceritakan isi gambar menurut hal-hal yang telah ditentukan. § Menceritakan isi gambar secara lisan. | 1 x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 teks percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 19–21 | Lisan Tertulis Penugasan |
Pelajaran 3
SILABUS
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / 1
Standar Kompetensi : Memahami Teks dengan membaca teks percakapan, membaca cepat 75 kata permenit dan membaca puisi.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
1. Membaca Membaca puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat.. | § Siswa sanggup membaca puisi dengan ekspresi yang tepat. § Siswa sanggup membacakan puisi dengan penghayatan yang benar. § Siswa sanggup menentukan jeda,penggalan kata dalam puisi dengan tepat. | Teks puisi | § Memahami membaca puisi dengan ekpresi yang tepat. § Membacakan puisi dengan penghayatan yang tepat. § Menentukan jeda atau penggalan kata yang tepat. | 1x pertemuan 2 x 35 menit | Bacaan percakapan | Lisan. Tertulis Tugas |
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / 1
Standar Kompetensi : Mengungkapkan pikiran, perasaan, gosip dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan, surat permintaan dan obrolan tertulis.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
2. Menulis § Menulis karangan menurut pengamatan dengan memperhatikan pilihan kata dan penggunaan ejaan. § Memehami kalimat yang mengungkapkan harapan. | § Siswa sanggup menuliskan karangan menurut gambar seri. § Siswa sanggup mengurutkan gambar seri yang benar. § Siswa sanggup menulis dongeng yang utuh dan padu. § Siswa sanggup mengungkapkan kalimat harapan. § Siswa sanggup menentukan kalimat harapan. | Gambar Seri | § Memahami penulisan karangan menurut gambar seri. § Mengurutkan gambar seri dengan benar. § Menulis dongeng yang utuh dan padu menurut gambar seri. § Memahami kalimat yang mengungkap harapan. § Menentukan kalimat yang mengungkapkan harapan. § Membuat kalimat yang mengungkapkan harapan. | 1 x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 KTSP. Buku Bina Bahasa Indonesia hal. 23-26. | Lisan Tertulis Penugasan |
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / 1
Standar Kompetensi : Memahami klarifikasi nara sumber dan dongeng rakyat secara lisan.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
3. mendenga rkan Menanggapi klarifikasi nara sumber (petani,pedagang,nelayan,karyawan dll) dengan memperhatikan santun berbahasa. | § Siswa sanggup mendengarkan klarifikasi nara sumber yang benar. § Siswa sanggup melengkapi pernyataan menurut klarifikasi nara sumber yang didengar. § Siswa sanggup menentukan dilema dalam kejadian menurut gambar. § Siswa sanggup melengkapi klarifikasi dari nara sumberr. | Teks klarifikasi nasa sumber | § Mendengarkan klarifikasi nara sumber. § Melengkapi pernyataan menurut nara sumber yang didengar. § Menentukan atau memilihhal penting dari klarifikasi nara sumber yang didengar. § Menentukan dilema dalam kejadian menurut gambar. § Menanggapi klarifikasi dari nara sumber. | 1x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 KTSP. Cerita rakyat Buku Bina Bahasa Ind hal : 35-35 | Lisan. Tertulis Tugas |
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / 1
Standar Kompetensi : Mengungkap pikiran, pendapat, perasaan, fakta secara verbal dengan menanggapi suatu persoalan, menceriterakan hasil pengamatan atau berwawancara.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
4. Berbicara Menang gapi suatu dilema atau kejadian dan menunjukkan saran pemecahannya dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa. | § Siswa sanggup memperagakan percakapan di depan kelas dengan benar. § Siswa sanggup menjelaskan masalah yang terdapat dalam teks percakapan. § Siswa sanggup menentukan dilema dalam kejadian menurut gambar. § Siswa sanggup menanggapi dilema dengan menunjukkan pendapat dan saran menurut gambar. | Teks percakapan dan gambar | § Memperagakan percakapan di depan kelas. § Menjelaskan masalah atau kejadian yang terdapat dalam teks percakapan. § Menentukan dilema dalam kejadian menurut gambar. | 1 x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 teks percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 35-38 | Lisan Tertulis Penugasan |
Pelajaran 4
SILABUS
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / 1
Standar Kompetensi : Memahami Teks dengan membaca teks percakapan, membaca cepat 75 kata permenit dan membaca puisi.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
1. Membaca Menemukan gagasan utama suatu teks yang dibaca dengan kecepatan 75 kata permenit. | § Siswa sanggup membaca teks bacaan dengan cepatt. § Siswa sanggup menjawab pertanyaan dengan benar. § Siswa sanggup melengkapi kalimat suatu teks bacaan. § Siswa sanggup menciptakan kesimpulan menurut teks bacaan yang dibaca. | Teks bacaan | § Membaca teks bacaan dengan cepat. § Menjawab pertanyaan. § Melengkapi kalimat suatu teks bacaan. § Membuat kesimpulan menurut teks bacaan yang dibaca. | 1x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 Bacaan percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 39-40 | Lisan. Tertulis Tugas Portofolio |
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / 1
Standar Kompetensi : Mengungkapkan pikiran, perasaan, gosip dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan, surat permintaan dan obrolan tertulis.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Pelaian |
2. Menulis § Menulis karangan menurut pengalaman dengan memperhatikan pilihan kata dan penggunaan ejaan. § Memahami penggunaan awalan ber-. | § Siswa sanggup mengurutkan gambar dengan benar. § Siswa sanggup menuliskan hal-hal yang diamati dari gambar. § Siswa sanggup mengembangkanpokok pikiran dalam gambarmenjadi sebuah cerita. § Siswa sanggup memahami arti awalan ber-. § Siswa sanggup menciptakan kalimat yang berawalan ber-. | Gambar Seri | § Mengurutkan gambar seri dengan benar dan runtut. § Menuliskan hal-hal yang diamati dari gambar seri. § Mengembangkan hal yang diamati menjadi sebuah karangan atau cerita. § Memahami arti awalan ber-. § Membuat kalimat dengan memakai kata yang berawalan ber-. | 1 x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 KTSP. Buku Bina Bahasa Indonesia hal. 41-43. | Lisan Tertulis Penugasan Portofolio |
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / 1
Standar Kompetensi : Memahami klarifikasi nara sumber dan dongeng rakyat secara lisan.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
3. Mendengarkan Mengidentifikasi unsure dongeng ihwal dongeng rakyat yang didengarnya.. | § Siswa sanggup mendengarkan pembacaan cerita. § Siswa sanggup melengkapi pernyataan menurut dongeng rakyat. § Siswa sanggup menentukan tkoh dan sifat tokoh dari dongeng yang didengar. § Siswa sanggup menjelaskan latar dan alamat dongeng rakyat yang didengar. | Teks dongeng rakyat | § Mendengarkan pembacaan dongeng rakyat. § Melengkapi pernyataan menurut dongeng rakyat. § Menentukan tkoh dan sifat tokoh dari dongeng rakyat yang didengar. § Menentukan latar dan amanat dongeng yang didengar. | 1x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 KTSP. Cerita rakyat Buku Bina Bahasa Ind hal : 50-51 CD | Lisan. Tertulis Tugas Portofolio |
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / 1
Standar Kompetensi : Mengungkap pikiran,pendapat,perasaan,fakta secara verbal dengan menanggapi suatu persoalan, menceriterakan hasil pengamatan atau berwawancara.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
4. Berbicara Berwawan cara sederhana dengan nara sumber (petani, pedagang, nelayan, karyawan dll) dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa. | § Siswa sanggup memahami kegiatan wawancara dan memperagakan wawancara.. § Siswa sanggup menuliskan daftar pertanyaan untuk melaksanakan wawancara. § Siswa sanggup melaksanakan wawancara dengan nara sumber. § Siswa sanggup memakai kata Tanya dengan tepat. § Siswa sanggup menciptakan kata Tanya apa,siapa,di mana,kapan,dari mana,bagaimana dan kapan dengan tepat. | Teks wawancara | § Memahami kegiatan wawancara dan memperagakan wawancara. § Menuliskan daftar pertanyaan untuk melaksanakan wawancara.. § Melakukan wawancara dengan nara sumber. § Menggunakan kata Tanya dengan sempurna dalam kalimat. | 1 x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 teks percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 51-54 | Lisan Tertulis Penugasan Portofolio |
Pelajaran 4
SILABUS
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / 1
Standar Kompetensi : Memahami Teks dengan membaca teks percakapan,membaca cepat 75 kata permenit dan membaca puisi.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
1. Membaca Membaca teks percakapan dengan lafal dan intonasi yangtepat. | § Siswa sanggup membaca teks bacaan secara berpasangan di depan kelas. § Siswa sanggup mencatata hal-hal pkok dalam percakapan. § Siswa sanggup menuliskan isi kesimpulan percakapan. | Teks Percakapan | § Membaca teks percakapan secara berpasangan. § Mencatat hal-hal pokok dalam percakapan. § Menuliskan kesimpulan dari isi percakapan. | 1x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 Bacaan percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 55 | Lisan. Tertulis |
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / 1
Standar Kompetensi : Mengungkapkan pikiran,perasaan,informasi dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan, surat permintaan dan obrolan tertulis.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
2. Menulis Menulis surat indangan ( ulang tahun,acara keagamaan,kegiatan sekolah,kenaikan kelas dll) dengan kalimat efektif dan memperhatikan ejaan.. | § Siswa sanggup membaca surat eksklusif secara cermat. § Siswa sanggup menentukan cirri-ciri surat pribadi. § Siswa sanggup melengkapi surat eksklusif yang belum lengkap. § Siswa sanggup menulis surat pribadi. | Surat pribadi | § Membaca surat eksklusif dengan cermat. § Menentukan cirri-ciri surat pribadi. § Melengkapi surat eksklusif yang belum lengkap. § Menulis surat eksklusif dengan memperhatikan ejaan yang tepat. | 1 x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 KTSP. Buku Bina Bahasa Indonesia hal. 56-58. | Tertulis Portofolio |
Pelajaran 5
SILABUS
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / 1
Standar Kompetensi : Memahami klarifikasi nara sumber dan dongeng rakyat secara lisan.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
1. Mendengarkan Menanggapi klarifikasi nara sumber (petani, pedagang, nelayan, karyawan dll) dengan memperhatikan santun berbahasa. | § Siswa sanggup mendengarkan nara sumber. § Siswa sanggup hal-hal pentingdari klarifikasi yang didengarkan. § Siswa sanggup mengajukan pertanyaan menurut penjelasan. § Siswa sanggup menanggapi isi penjelasan. | Teks klarifikasi nara sumber | § Mendengarkan klarifikasi nara sumber. § Mencatat hal-hal yang penting dari klarifikasi nara sumber. § Mengajukan pertanyaan menurut penjelasan. Menanggapi isi penjelasan. | 1x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 KTSP. Cerita rakyat Buku Bina Bahasa Ind hal : 64-65 CD/kaset | Lisan. Tertulis |
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / 1
Standar Kompetensi : Mengungkap pikiran,pendapat,perasaan,fakta secara verbal dengan menanggapi suatu persoalan, menceriterkan hasil pengamatan atau berwawancara.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
2.Berbicara Berwawancara sederhana dengan nara sumber (petani,pedagang,nelayan,karyawan dll) dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa. | § Siswa sanggup memperagakan wawancara dengan benar. § Siswa sanggup mencatat hal-hal penting yang dibicarakan dalam wawancara. § Siswa sanggup menuliskan daftar pertanyaan untuk melaksanakan wawancara. § Siswa sanggup wawancara dengan nara sumber. § Siswa sanggup melaporkan hasil wawancara dengan baik. | Teks wawancara | § memperagakan wawancara. § Mencatat hal-hal penting yang dibicarakan dalam wawancara. § Menuliskan daftar pertanyaan untuk melaksanakan wawancara. § Melakukan wawancara dengan nara sumber. § Melaporkan hasil wawancara yang telah dilakukan. | 1 x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 teks percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 65-68 | Lisan Tertulis Penugasan Portofolio |
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / 1
Standar Kompetensi : Memahami Teks dengan membaca teks percakapan,membaca cepat 75 kata permenit dan membaca puisi.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
3.Membaca Membaca puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat. | § Siswa sanggup menentukan jeda,penggalan kata dalam puisi. § Siswa sanggup membaca puisi dengan ekspresi dan penghayatan yang tepat. § Siswa sanggup mencari puisi yang bertemakan Pahlawan dan membacakan dengan ekspresi dan penghayatan yang tepat. | Teks Puisi | § Menentukan jeda,penggalan dalam puisi. § Membaca puisi dengan ekspresi dan penghayatan yang tepat. § Mencari puisi yang bertemakan Pahlawan dan membacakan dengan ekspresi dan penghayatan yang tepat. | 1x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 Bacaan percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 67-68 | Lisan. Tertulis Penugasan |
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / 1
Standar Kompetensi : Mengungkapkan pikiran,perasaan,informasi dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan, surat permintaan dan obrolan tertulis.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
4. Menulis § Menulis obrolan sederhana antara dua,tiga tokoh serta memperhatikan isi serta perannya. § Menggunakan tanda titik dua ( : ) dalam kalimat. | § Siswa sanggup memahami obrolan atau percakapan dengan benar. § Siswa sanggup melengkapi obrolan yang belum selesai. § Siswa sanggup menulis obrolan dengan tema yang telah ditentukan. § Siswa sanggup memperagakan dialg di depan kelas. § Siswa sanggup memahami penggunaan tanda baca titik dua ( : ). § Siswa sanggup memakai tanda titik dua ( : ). | Teks dialog | § Memahami obrolan atau percakapan. § Melengkapi obrolan yang belum selesai. § Menulis obrolan dengan tema yang telah ditentukan. § Memperagakan obrolan di depan kelas. § Memahami penggunaan tanda titik dua ( : ) § Menggunakan tanda titik dua ( : ). | 1 x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 KTSP. Buku Bina Bahasa Indonesia hal. 69-72. | Tertulis Portofolio Lisan Tugas |
Pelajaran 6
SILABUS
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / 1
Standar Kompetensi : Memahami klarifikasi nara sumber dan dongeng rakyat secara lisan.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
1. Mendengarkan Memahami klarifikasi nara sumber dan dongeng rakyat secara lisan. | § Siswa sanggup memahami alur dongeng dalam dongeng rakyat. § Siswa sanggup mendengarkan pembacaan dongeng rakyat yang dibacakan guru. § Siswa sanggup menjawab pertanyaan secara lisan. § Siswa sanggup mengisi table alur dongeng secara kelompok. § Siswa sanggup menceriterakan kembali dongeng rakyat yang didengar dengan kata-kata sendiri | Teks Cerita Rakyat | § Memahami unsure alur dalam dongeng rakyat. § Mendengarkan dongeng rakyat yang dibacakan guru. § Menjawab pertanyaan secara lisan. § Mengisi table alur dongeng rakyat secara kelompok. § Menceriterakan kembali dongeng rakyat yang didengar dengan kata-kata sendiri. | 1x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 KTSP. Cerita rakyat Buku Bina Bahasa Ind hal : 84-85 CD/kaset | Lisan. Tertulis |
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / 1
Standar Kompetensi : Mengungkap pikiran,pendapat,perasaan,fakta secara verbal dengan menanggapi suatu persoalan, menceriterkan hasil pengamatan atau berwawancara.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
2.Berbicara Menceriterakan hasil pengamatan/kunjungan dengan bahasa runtut,baik dan benar . | § Siswa sanggup memahami laporan hasil kunjungan. § Siswa sanggup menciptakan laporan hasil kunjungan dengan benar. § Siswa sanggup memberikan hasil laporan dengan benar. § Siswa sanggup menanggapi isi laporan kunjungan. | Teks Laporan Hasil Kunjungan | § Memahami laporan hasil kunjungan. § Membuat laporan hasil kunjungan. § Menyampaikan hasil laporan kunjungan. § Menanggapi isi laporan kunjungan. | 1 x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 teks percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 85-87 | Lisan Tertulis Portofolio |
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / 1
Standar Kompetensi : Memahami Teks dengan membaca teks percakapan, membaca cepat 75 kata permenit dan membaca puisi.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
3. Membaca Menemukan gagasan utama suatu teks yang dibaca dengan kecepatan 75 kata/menit. | § Siswa dapat.membaca bacaan dengan kecepatan 75/menit. § Siswa sanggup mencatat hal-hal penting dari bacaan yang dibaca . § Siswa sanggup mengajukan dan menjawab pertanyaan menurut gosip bacaan yang dibaca. § Siswa sanggup menceriterakan kembali isi bacaan yang dibaca. | Teks Bacaan | § Membaca bacaan dengan kecepatan 75 kata/menit. § Mencatat hal-hal penting dari bacaan yang dibaca. § Mengajukan dan menjawab pertanyaan menurut gosip bacaan yang telah dibacat. § Menceriterakan kembali isi bacaan yang telah dibaca. | 1x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 Bacaan percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 87-90 | Lisan. Tertulis |
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / 1
Standar Kompetensi : Mengungkapkan pikiran,perasaan, gosip dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan, surat permintaan dan obrolan tertulis.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
4. Menulis Menulis karangan menurut pengalaman dengan memperhatikan pilihan kata dan penggunaan ejaan. | § Siswa sanggup memahami penggunaan kata penghubung tetapi. § Siswa sanggup menciptakan kalimat dengan kata tetapi. § Siswa sanggup menguraikan kalimat dengan kata penghubung tetapi menjadi kalimat tunggal. § Siswa sanggup mengurutkan gambar seri dengan benar. | Teks Gambar Seri | § Memahami penggunaan kata penghubung tetapi. § Membuat kalimat dengan kata tetapi. § Menguraikan kalimat dengan kata penghubung tetapi menjadi kalimat tunggal. § Mengurutkan gambar seri dengan tepat. | 1 x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 KTSP. Buku Bina Bahasa Indonesia hal. 90-92. | Tertulis |
Pelajaran 7
SILABUS
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / 1
Standar Kompetensi : Memahami klarifikasi nara sumber dan dongeng rakyat secara lisan.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
1. Mendengarkan Mengidentifikasi unsure dongeng ihwal dongeng rakyat yang dibacakan | § Siswa sanggup mendengarkan pembacaan dongeng rakyat. § Siswa sanggup menjawab pertanyaan secara lisan. § Siswa sanggup mendaftar unsure-unsur dongeng rakyat. § Siswa sanggup menceriterakan dongeng rakyat dengan kata-kata sendiri. | Teks Cerita Rakyat | § Mendengarkan pembacaan dongeng rakyat. § Menjaawab pertanyaan secara lisan. § Mendaftar unsure-unsur dongeng rakyat. § Menceriterakan kembali dongeng rakyat yang telah dibaca. | 1x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 KTSP. Cerita rakyat Buku Bina Bahasa Ind hal : 100-101 CD/kaset | Lisan. Tertulis |
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / 1
Standar Kompetensi : Mengungkap pikiran,pendapat, perasaan,fakta secara verbal dengan menanggapi suatu persoalan, menceriterkan hasil pengamatan atau berwawancara.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
2.Berbicara Berwawancara secara sederhana dengan nara sumber (petani,pedagang,nelayan,karyawan dll) dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa. | § Siswa sanggup memperagakan percakapan. § Siswa sanggup hal-hal yang penting yang dibacakan. § Siswa sanggup menyusun daftar pertanyaan untuk wawancara. § Siswa sanggup melaksanakan wawancara dengan nara sumber. | Teks Wawancara | § Memperagakan wawancara. § Mencatat hal-hal penting yang dibaacakan. § Menyusun daftar pertanyaan untuk wawancara. § Melakukan wawancara dengan nara suber. | 1 x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 teks percakapan Buku Bina Bahasa Indnesia hal.101-103 | Lisan Tertulis |
Pelajaran 8
SILABUS
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / 1
Standar Kompetensi : Memahami Teks dengan membaca teks percakapan,membaca cepat 75 kata permenit dan membaca puisi.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
1.Membaca Menemukan gagasan utama suatu teks yang dibaca dengan kecepatan 75 kata/menit | § Siswa dapat.membaca teks bacaan dengan intonasi yang tepat. § Siswa sanggup menjawab pertanyaan bacaan . § Siswa sanggup meringkas teks bacaan. § Siswa sanggup menentukan gagasan utama dalam bacaan. | Teks Bacaan | § Membaca bacaan dengan lafal dan infrmasi yang tepat. § Menjawab pertanyaan. § Meringkas teks bacaan. § Menentukan gagasan utama bacaan. | 1x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 Bacaan percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 103-105 | Penugasan Tertulis |
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / 1
Standar Kompetensi : Mengungkapkan pikiran, perasaan,informasi dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan, surat permintaan dan obrolan tertulis.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
2.Menulis § Menulis obrolan sederhana antara dua atau tiga tokoh dengan memperhatikan isi serta perannya. § Menggunakan tanda seru ( ! ) dalam kalimat | § Siswa sanggup membaca pola dan kesimpulan isi dialog. § Siswa sanggup memperagakan percakapan dan menyimpulkan isi percakapan. § Siswa sanggup menulis dialg dengan tema yang telah ditentukan menurut gambar. § Siswa sanggup memperagakan obrolan tang dibentuk di depan kelas. § Siswa sanggup memahami penggunaan tanda seru ( ! ) dalam kalimat. § Siswa sanggup membubuhi tanda seru ( ! ) dalam kalimat. § Siswa sanggup menciptakan kalimat dengan mengguanakan tanda sseru ( ! ) | Teks Dialog | § Membaca pola dan kesimpulan dialog. § Memperagakan percakapan dan menyimpulkan isi dialog. § Menulis obrolan dengan tema yang telah ditentukan menurut gambar. § Memperagakan obrolan yang dibuat. § Memahami penggunaan tanda seru ( ! ) dalam kalimat. § Membubuhi tanda seru ( ! ) dalam kalimat. Membuat kalimat seru. | 1 x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 KTSP. Buku Bina Bhs Indonesia hal. 105-108 | Tertulis Tertulis Penugasan |
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / 1
Standar Kompetensi : Memahami klarifikasi nara sumber dan dongeng rakyat secara lisan.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
3.Mendengarkan Menanggapi klarifikasi nara sumber (petani,pedagang,nelayan,karyawan,dll) dengan memperhatikan santun berbahasa. | § Siswa sanggup mendengarkan klarifikasi nara sumber. § Siswa sanggup menjawab pertanyaan menurut klarifikasi nara sumber. § Siswa sanggup mencatat pokok-pokok pembicaraan dari nara sumber. § Siswa sanggup menanggapi isi klarifikasi dari nara sumber. | Teks Penjelasan Nara Sumber | § Mendengarkan klarifikasi dari nara sumber. § Menjaawab pertanyaan menurut klarifikasi dari nara sumber. § Mencatat pokok-pokok pembicaraan dari nara sumber. § Menanggapi isi klarifikasi dari nara sumber. | 1x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 KTSP. Buku Bina Bahasa Indonesia hal 116-117 | Lisan. Tertulis |
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Mengungkap pikiran,pendapat,perasaan,fakta secara verbal dengan menanggapi suatu persoalan, menceriterkan hasil pengamatan atau berwawancara.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
4.Berbicara Menanggapi suatu dilema atau kejadian dan menunjukkan saran pemecahannya dengan memperhatikan pilihan pilihan kata dan santun berbahasa. | § Siswa sanggup memperagakan percakapan di depan kelas. § Siswa sanggup menjelaskan masalah atau kejadian dengan menjawab pertanyaan. | Teks Percakapan | § Memperagakan percakapan di depan kelas. § Menjelaskan masalah dengan menjawab pertanyaan. | 1 x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 teks percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal.117-119 | Lisan Tertulis |
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / 1
Standar Kompetensi : Memahami Teks dengan membaca teks percakapan, membaca cepat 75 kata permenit dan membaca puisi.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
5. Membaca Menemukan gagasan utama suatu teks yang dibaca dengan kecepatan 75 kata/menit | § Siswa dapat.membaca selkilas teks tata tertib. § Siswa sanggup menjawab pertanyaan menurut teks tata tertib. § Siswa sanggup menulis teks tata tertib sekolah. § Siswa sanggup menentukan gagasan utama dalam bacaan. | Teks Tata Tertib Sekolah | § Membaca sekilas tata tertibt. § Menjawab pertanyaan menurut tata tertib. § Menjelaskan isi tata tertib. § Menulis tata tertib sekolah. | 1x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 Bacaan percakapan Buku Bina Bahasa Indnesia hal : 119-121 | Lisan Tertulis |
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Mengungkapkan pikiran,perasaan,informasi dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan,surat permintaan dan obrolan tertulis.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
6. Menulis Menulis karangan menurut pengalaman dengan memperhatikan pilihan kata dan penggunaan ejaan. | § Siswa sanggup menentukan judul karangan. § Siswa sanggup melengkapi bab awal,tengah,akhir cerita. § Siswa sanggup menulis karangan menurut pengalaman. § Siswa sanggup membaca karangan yang dibuat. Siswa sanggup memahami penggunaan kata “tanpa”. | Teks Karangan | § Menentukan judul karangan. § Melengkapi bab awal,tengah,akhir cerita. § Menulis karangan menurut pengalaman. § Membaca karangan yang dibentuk sendiri. § Memahami penggunaan kata “tanpa” dalam kalimat. | 1 x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 KTSP. Buku Bina Bhs Indonesia hal. 121-124. | Tertulis Potofolio |
Pelajaran 9
SILABUS
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / 1
Standar Kompetensi : Memahami klarifikasi nara sumber dan dongeng rakyat secara lisan.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
1.Mendengarkan Mengidentifikasi unsure dongeng ihwal dongeng rakyat yang didengarnya. | § Siswa sanggup mendengarkan pembacaan dongeng rakyat. § Siswa sanggup menentukan unsure-unsur cerita. § Siswa sanggup memberikan amanat/pesan dongeng secara lisan. § Siswa sanggup menceriterakan kembali dongeng rakyat yang didengar dengan kata-kata sendiri. Siswa sanggup menulis balasan mengenai isi dongeng rakyat. | Teks Cerita Rakyat | § Mendengarkan pembacaan dongeng rakyat. § Menentukan unsure-unsur cerita. § Menyampaikan amanat/pesan dongeng yang didengar. § Menceriterakan kembali dongeng yang didengar. § Menulis balasan mengenai dongeng rakyat yang didengar. | 1x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 KTSP. Cerita rakyat Buku Bina Bahasa Ind hal : 132-133 | Lisan. Tertulis |
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Mengungkap pikiran,pendapat,perasaan, fakta secara verbal dengan menanggapi suatu persoalan, menceriterkan hasil pengamatan atau berwawancara.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
2.Berbicara Menanggapi dilema atau kejadian dan menunjukkan saran pemecahannya dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa | § Siswa sanggup memperagakan teks percakapan. § Siswa sanggup menanyakan dilema yang dibicarakan. § Siswa sanggup menunjukkan pendapat terhadap suatu persoalan. | Teks Percakapan | § Memperagakan teks percakapan secara berpasangan di depan kelas. § Menanyakan dilema yang dibicarakan. § Memberikan pendapat terhadap suatu persoalan. | 1 x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 teks percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal.133-135 | Lisan Tertulis |
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / 1
Standar Kompetensi : Memahami Teks dengan membaca teks percakapan,membaca cepat 75 kata permenit dan membaca puisi.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
3.Membaca Membaca puisidengan lafal dan intonasi yang tepat. | § Siswa dapat.membaca puisi dengan ekpresi dan penghayatan yang tepat. § Siswa sanggup menjelaskan isi puisi yang dibaca dalam beberapa kalimat. § Siswa sanggup menciptakan puisi dan membacanya. § Siswa sanggup menilai dan mengomentari puisi yang dibacakan teman. | Teks Puisi Anak | § Membaca puisi dengan ekspresi dan penghayatan yang tepat. § Menjelaskan isi puisi yang dibaca dalam beberapa kalimat. § Membuat puisi dan membacanya. § Menilai dan mengomentari puisi yang dibacakan teman. | 1x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 Bacaan percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 135-137 | Lisan Tertulis |
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / 1
Standar Kompetensi : Mengungkapkan pikiran, perasaan, gosip dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan, surat permintaan dan obrolan tertulis.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
4.Menulis Menulis surat permintaan (ulang tahun,acara keagamaan, kegiatan sekolah,kenaikan sekolah dll) dengan kalimat efektif dan memperhatikan penggunaan ejaan. | § Siswa sanggup memahami bagian-bagian surat permintaan resmi. § Siswa sanggup melengkapi surat permintaan dengan tepat. | Teks Undangan Resmi | § Memahami bagian-bagian surat permintaan resmi. § Melengkapi surat permintaan dengan tepat. | 1 x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 KTSP. Buku Bina Bhs Indonesia hal. 138-140 | Tertulis Portofolio |
Berbagai Sumber