Silabus Bahasa Indonesia Kelas 5A
Monday, 30 April 2018
Edit
Pelajaran I
SILABUS
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Memahami klarifikasi nara sumber dan dongeng rakyat secara lisan.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
1.Mendengarkan 1.1. Menanggapi klarifikasi nara sumber (petani,pedagang,nelayan,karyawan dll) dengan memperhatikan santun berbahasa. | o Siswa sanggup mendengarkan penjelasan. o Siswa sanggup menanggapi pernyataan. o Siswa sanggup menanggapi klarifikasi nara sumber. o Siswa sanggup menuliskan hal-hal penting dari klarifikasi nara sumber. o Siswa sanggup menceriterakan kembali klarifikasi nara sumber. | Teks klarifikasi nara sumber | o Mendengarkan penjelasan. o Menananggapi pernyataan. o Menanggapi. klarifikasi nara sumber. o Menuliskan hal-hal penting dari klarifikasi nara sumber. o Menceriterakan klarifikasi nara sumber. | 1x pertemuan 2 x 35 menit | Kaset/CD/TeksBuku Bina Bahasa Indonesia hal 2-3. Penerbit Erlangga | o Lisan. o Tertulis |
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Mengungkap pikiran,pendapat,perasaan,fakta secara ekspresi dengan menanggapi suatu persoalan,menceriterkan hasil pengamatan atau berwawancara.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
2. Berbicara 2.1. Menanggapi suatu problem atau kejadian dan memperlihatkan saran pemecahannya dengan memperhatikan pikiran,kata dan santun berbahasa | o Siswa sanggup memperagakan teks percakapan. o Siswa sanggup menjawab pertanyaan dari isi percakapan. o Siswa sanggup mencatat pokok-pokok problem dalam percakapan. o Siswa sanggup memperlihatkan saran dan pendapat terhadap problem dengan bahasa yang benar. | Teks percakapan | o Memperagakan percakapan. o Menjawab pertanyaan menurut teks percakapan. o Mencatat pokok-pokok problem dalam percakapan. o Memberikan jawaban berupa pendapat,saran atau bantalan an terhadap suatu persoalan. | 1 x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 teks percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 3 – 6. | o Lisan o Tertulis o Penugasan |
Pelajaran I
SILABUS
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Memahami Teks dengan membaca teks percakapan,membaca cepat 75 kata permenit dan membaca puisi.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
3.Membaca 3.1. Membaca teks percakapan dengan lafal dan intonasi yang tepat. | o Siswa sanggup membaca teks percakapan dengan lancer. o Siswa sanggup menjawab pertanyaan dengan tepat. o Siswa sanggup melengkapai percakapan dengan kalimat yang tepat. | Teks percakapan | o Membaca teks percakapan dengan lancar dan jelas. o Menjawab pertanyaan menurut teks percakapan. o Melengkapi percakapan yamg belum selesai dengan kalimat yang runtun. | 1x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 Bacaan percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 6-7 | o Lisan. o Tertulis o Tugas |
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Mengungkapkan pikiran,perasaan,informasi dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan,surat seruan dan dialok tertulis.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
4.Menulis 4.1.surat seruan (ulang tahun,acara agama,kegiatan sekolah) dengan kalimat efektif dan memperhatikan penggunaan ejaan 4.2.menggunakan kata depan : pada,sejak dan selama. | o Siswa sanggup mengenal surat undangan. o Siswa sanggup melengkapi surat seruan menurut klarifikasi . o Siswa sanggup menulis surat seruan dengan benar. o Siswa sanggup memakai kata depan : pasa,sejak,selama dengan benar. o Sisswa sanggup melengkapi kalimat dengan kata depan. o Siswa sanggup menciptakan kalimat dengan kata depan. | Surat seruan ulang tahun | o Mengenal surat seruan ulang tahun o Melengkapi surat seruan menurut penjelasan. o Menulis surat seruan dengan benar. o Memahami bentuk kata depan pada sejak,selama. o Melengkapi kalimat dengan kata depan : pada,sejak,selama. o Membuat kalimat dengan kata depan : pada,sejak,selama dengan benar. | 1 x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 teks percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 7-8 | o Lisan o Tertulis o Penugasan |
Pelajaran 2
SILABUS
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Memahami klarifikasi nara sumber dan dongeng rakyat secara lisan.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
1.Mendengarkan 1.1.Mengidentifikasi unsur dongeng rakyat yang didengar | o Siswa sanggup mendengarkan dongeng rakyat. o Siswa sanggup mencatat nama-nama tokoh dalam cerita o Siswa sanggup menjelaskan sifat tokoh dengan tepat. o Siswa sanggup memperlihatkan jawaban mengenai isi dongeng rakyat yang didengar. | Cerita Rakyat | o Mendengarkan dongeng rakyat. o Mendaftar nama-nama tokoh dongeng yang didengar. o Mencatat latar dan alamat dongeng rakyat yang didengar. o Memberikan jawaban mengenai isi dongeng rakyat yang didengar. | 1x pertemuan 2 x 35 menit | o Kurikulum 2006 KTSP. o Cerita rakyat Buku Bina Bahasa Ind hal : 18-19. o Kaset/CD berisi dongeng rakyat | o Lisan. o Tertulis o Tugas |
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Mengungkap pikiran,pendapat,perasaan,fakta secara ekspresi dengan menanggapi suatu persoalan,menceriterkan hasil pengamatan atau berwawancara.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
3. Berbicara 2.1. menceritakan hasil pengamatan/kunjungan dengan bahasa runtut,baik dan benar. | o Siswa sanggup menetukan hal-hal yang diamati dalam gambar. o Siswa sanggup menceritakan isi gambar menurut hal-hal yang telah ditentukan. o Siswa sanggup menceritakan isi gambar secara lisan. | Gambar ilustrasi | o Menentukan hal-hal yang diamati menurut gambar ilustrasi. o Menceritakan isi gambar menurut hal-hal yang telah ditentukan. o Menceritakan isi gambar secara lisan. | 1 x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 teks percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 19–21 | o Lisan o Tertulis o Penugasan |
Pelajaran 2
SILABUS
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Memahami Teks dengan membaca teks percakapan,membaca cepat 75 kata permenit dan membaca puisi.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
3.Membaca 3.1. Membaca puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat.. | o Siswa sanggup membaca puisi dengan ekspresi yang tepat. o Siswa sanggup membacakan puisi dengan penghayatan yang benar. o Siswa sanggup menentukan jeda,penggalan kata dalam puisi dengan tepat. | Teks puisi | o Memahami membaca puisi dengan ekpresi yang tepat. o Membacakan puisi dengan penghayatan yang tepat. o Menentukan jeda atau penggalan kata yang tepat. | 1x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 Bacaan percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 22-23 | o Lisan. o Tertulis o Tugas |
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Mengungkapkan pikiran,perasaan,informasi dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan,surat seruan dan obrolan tertulis.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
4.Menulis 4.1Menulis karangan menurut pengamatan dengan memperhatikan pilihan kata dan penggunaan ejaan. 4.2.Memehami kalimat yang mengungkapkan harapan. | o Siswa sanggup menuliskan karangan menurut gambar seri. o Siswa sanggup mengurutkan gambar seri yang benar. o Siswa sanggup menulis dongeng yang utuh dan padu. o Siswa sanggup mengungkapkan kalimat harapan. o Siswa sanggup menentukan kalimat harapan. | Gambar Seri | o Memahami penulisan karangan menurut gambar seri. o Mengurutkan gambar seri dengan benar. o Menulis dongeng yang utuh dan padu menurut gambar seri. o Memahami kalimat yang mengungkap harapan. o Menentukan kalimat yang mengungkapkan harapan. o Membuat kalimat yang mengungkapkan harapan. | 1 x pertemuan 2 x 35 menit | o Kurikulum 2006 KTSP. o Buku Bina Bahasa Indonesia hal. 23-26. | o Lisan o Tertulis o Penugasan |
Pelajaran 3
SILABUS
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Memahami klarifikasi nara sumber dan dongeng rakyat secara lisan.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
1.Mendengarkan 1.1.Menanggapi klarifikasi nara sumber (petani,pedagang,nelayan,karyawan dll) dengan memperhatikan santun berbahasa. | o Siswa sanggup mendengarkan klarifikasi nara sumber yang benar. o Siswa sanggup melengkapi pernyataan menurut klarifikasi nara sumber yang didengar. o Siswa sanggup menentukan problem dalam kejadian menurut gambar. o Siswa sanggup melengkapi klarifikasi dari nara sumberr. | Teks klarifikasi nasa sumber | o Mendengarkan klarifikasi nara sumber. o Melengkapi pernyataan menurut nara sumber yang didengar. o Menentukan atau memilihhal penting dari klarifikasi nara sumber yang didengar. o Menentukan problem dalam kejadian menurut gambar. o Menanggapi klarifikasi dari nara sumber. | 1x pertemuan 2 x 35 menit | o Kurikulum 2006 KTSP. o Cerita rakyat Buku Bina Bahasa Ind hal : 35-35 | o Lisan. o Tertulis o Tugas |
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Mengungkap pikiran,pendapat,perasaan,fakta secara ekspresi dengan menanggapi suatu persoalan,menceriterkan hasil pengamatan atau berwawancara.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
4. Berbicara 2.1. Menanggapi suatu problem atau kejadian dan memperlihatkan saran pemecahannya dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa. | o Siswa sanggup memperagakan percakapan di depan kelas dengan benar. o Siswa sanggup menjelaskan perkara yang terdapat dalam teks percakapan. o Siswa sanggup menentukan problem dalam kejadian menurut gambar. o Siswa sanggup menanggapi problem dengan memperlihatkan pendapat dan saran menurut gambar. | Teks percakapan dan gambar | o Memperagakan percakapan di depan kelas. o Menjelaskan perkara atau kejadian yang terdapat dalam teks percakapan. o Menentukan problem dalam kejadian menurut gambar. | 1 x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 teks percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 35-38 | o Lisan o Tertulis o Penugasan |
Pelajaran 3
SILABUS
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Memahami Teks dengan membaca teks percakapan,membaca cepat 75 kata permenit dan membaca puisi.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
3.Membaca 3.1. Menemukan gagasan utama suatu teks yang dibaca dengan kecepatan 75 kata permenit. | o Siswa sanggup membaca teks bacaan dengan cepatt. o Siswa sanggup menjawab pertanyaan dengan benar. o Siswa sanggup melengkapi kalimat suatu teks bacaan. o Siswa sanggup menciptakan kesimpulan menurut teks bacaan yang dibaca. | Teks bacaan | o Membaca teks bacaan dengan cepat. o Menjawab pertanyaan. o Melengkapi kalimat suatu teks bacaan. o Membuat kesimpulan menurut teks bacaan yang dibaca. | 1x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 Bacaan percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 39-40 | o Lisan. o Tertulis o Tugas o Portofolio |
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Mengungkapkan pikiran,perasaan,informasi dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan,surat seruan dan obrolan tertulis.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
4.Menulis 4.1Menulis karangan menurut pengalaman dengan memperhatikan pilihan kata dan penggunaan ejaan. 4.2.Memahami penggunaan awalan ber-. | o Siswa sanggup mengurutkan gambar dengan benar. o Siswa sanggup menuliskan hal-hal yang diamati dari gambar. o Siswa sanggup mengembangkanpokok pikiran dalam gambarmenjadi sebuah cerita. o Siswa sanggup memahami arti awalan ber-. o Siswa sanggup menciptakan kalimat yang berawalan ber-. | Gambar Seri | o Mengurutkan gambar seri dengan benar dan runtut. o Menuliskan hal-hal yang diamati dari gambar seri. o Mengembangkan hal yang diamati menjadi sebuah karangan atau cerita. o Memahami arti awalan ber-. o Membuat kalimat dengan memakai kata yang berawalan ber-. | 1 x pertemuan 2 x 35 menit | o Kurikulum 2006 KTSP. o Buku Bina Bahasa Indonesia hal. 41-43. | o Lisan o Tertulis o Penugasan o Portofolio |
Pelajaran 4
SILABUS
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Memahami klarifikasi nara sumber dan dongeng rakyat secara lisan.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
1.Mendengarkan 1.1.Mengidentifikasi unsure dongeng wacana dongeng rakyat yang didengarnya.. | o Siswa sanggup mendengarkan pembacaan cerita. o Siswa sanggup melengkapi pernyataan menurut dongeng rakyat. o Siswa sanggup menentukan tokoh dan sifat tokoh dari dongeng yang didengar. o Siswa sanggup menjelaskan latar dan alamat dongeng rakyat yang didengar. | Teks dongeng rakyat | o Mendengarkan pembacaan dongeng rakyat. o Melengkapi pernyataan menurut dongeng rakyat. o Menentukan tokoh dan sifat tokoh dari dongeng rakyat yang didengar. o Menentukan latar dan amanat dongeng yang didengar. | 1x pertemuan 2 x 35 menit | o Kurikulum 2006 KTSP. o Cerita rakyat Buku Bina Bahasa Ind hal : 50-51 o CD | o Lisan. o Tertulis o Tugas o Portofolio |
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Mengungkap pikiran,pendapat,perasaan,fakta secara ekspresi dengan menanggapi suatu persoalan,menceriterkan hasil pengamatan atau berwawancara.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
5. Berbicara 2.1. Berwawancara sederhana dengan nara sumber (petani,pedagang,nelayan,karyawan dll) dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa. | o Siswa sanggup memahami kegiatan wawancara dan memperagakan wawancara.. o Siswa sanggup menuliskan daftar pertanyaan untuk melaksanakan wawancara. o Siswa sanggup melaksanakan wawancara dengan nara sumber. o Siswa sanggup memakai kata Tanya dengan tepat. o Siswa sanggup menciptakan kata Tanya apa,siapa,di mana,kapan,dari mana,bagaimana dan kapan dengan tepat. | Teks wawancara | o Memahami kegiatan wawancara dan memperagakan wawancara. o Menuliskan daftar pertanyaan untuk melaksanakan wawancara.. o Melakukan wawancara dengan nara sumber. o Menggunakan kata Tanya dengan sempurna dalam kalimat. | 1 x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 teks percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 51-54 | o Lisan o Tertulis o Penugasan o Portofolio |
Pelajaran 4
SILABUS
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Memahami Teks dengan membaca teks percakapan,membaca cepat 75 kata permenit dan membaca puisi.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
3.Membaca 3.1. Membaca teks percakapan dengan lafal dan intonasi yangtepat. | o Siswa sanggup membaca teks bacaan secara berpasangan di depan kelas. o Siswa sanggup mencatata hal-hal pokok dalam percakapan. o Siswa sanggup menuliskan isi kesimpulan percakapan. | Teks Percakapan | o Membaca teks percakapan secara berpasangan. o Mencatat hal-hal pokok dalam percakapan. o Menuliskan kesimpulan dari isi percakapan. | 1x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 Bacaan percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 55 | o Lisan. o Tertulis |
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Mengungkapkan pikiran,perasaan,informasi dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan,surat seruan dan obrolan tertulis.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
4.Menulis 4.1.Menulis surat indangan ( ulang tahun,acara keagamaan,kegiatan sekolah,kenaikan kelas dll) dengan kalimat efektif dan memperhatikan ejaan.. | o Siswa sanggup membaca surat langsung secara cermat. o Siswa sanggup menentukan cirri-ciri surat pribadi. o Siswa sanggup melengkapi surat langsung yang belum lengkap. o Siswa sanggup menulis surat pribadi. | Surat pribadi | o Membaca surat langsung dengan cermat. o Menentukan cirri-ciri surat pribadi. o Melengkapi surat langsung yang belum lengkap. o Menulis surat langsung dengan memperhatikan ejaan yang tepat. | 1 x pertemuan 2 x 35 menit | o Kurikulum 2006 KTSP. o Buku Bina Bahasa Indonesia hal. 56-58. | o Tertulis o Portofolio |
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Memahami klarifikasi nara sumber dan dongeng rakyat secara lisan.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
1.Mendengarkan 1.1.Menanggapi klarifikasi nara sumber (petani,pedagang,nelayan,karyawan dll) dengan memperhatikan santun berbahasa. | o Siswa sanggup mendengarkan nara sumber. o Siswa sanggup hal-hal pentingdari klarifikasi yang didengarkan. o Siswa sanggup mengajukan pertanyaan menurut penjelasan. o Siswa sanggup menanggapi isi penjelasan. | Teks klarifikasi nara sumber | o Mendengarkan klarifikasi nara sumber. o Mencatat hal-hal yang penting dari klarifikasi nara sumber. o Mengajukan pertanyaan menurut penjelasan. o Menanggapi isi penjelasan. | 1x pertemuan 2 x 35 menit | o Kurikulum 2006 KTSP. o Cerita rakyat Buku Bina Bahasa Ind hal : 64-65 o CD/kaset | o Lisan. o Tertulis |
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Mengungkap pikiran,pendapat,perasaan,fakta secara ekspresi dengan menanggapi suatu persoalan,menceriterkan hasil pengamatan atau berwawancara.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
2.Berbicara 2.1. Berwawancara sederhana dengan nara sumber (petani,pedagang,nelayan,karyawan dll) dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa. | o Siswa sanggup memperagakan wawancara dengan benar. o Siswa sanggup mencatat hal-hal penting yang dibicarakan dalam wawancara. o Siswa sanggup menuliskan daftar pertanyaan untuk melaksanakan wawancara. o Siswa sanggup wawancara dengan nara sumber. o Siswa sanggup melaporkan hasil wawancara dengan baik.. | Teks wawancara | o memperagakan wawancara. o Mencatat hal-hal penting yang dibicarakan dalam wawancara. o Menuliskan daftar pertanyaan untuk melaksanakan wawancara. o Melakukan wawancara dengan nara sumber. o Melaporkan hasil wawancara yang telah dilakukan. | 1 x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 teks percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 65-68 | o Lisan o Tertulis o Penugasan o Portofolio |
Pelajaran 5
SILABUS
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Memahami Teks dengan membaca teks percakapan,membaca cepat 75 kata permenit dan membaca puisi.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
3.Membaca 3.1. Membaca puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat. | o Siswa sanggup menentukan jeda,penggalan kata dalam puisi. o Siswa sanggup membaca puisi dengan ekspresi dan penghayatan yang tepat. o Siswa sanggup mencari puisi yang bertemakan Pahlawan dan membacakan dengan ekspresi dan penghayatan yang tepat. | Teks Puisi | o Menentukan jeda,penggalan dalam puisi. o Membaca puisi dengan ekspresi dan penghayatan yang tepat. o Mencari puisi yang bertemakan Pahlawan dan membacakan dengan ekspresi dan penghayatan yang tepat. | 1x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 Bacaan percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 67-68 | o Lisan. o Tertulis o Penugasan |
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Mengungkapkan pikiran,perasaan,informasi dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan,surat seruan dan obrolan tertulis.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
4.Menulis 4.1. Menulis obrolan sederhana antara dua,tiga tokoh serta memperhatikan isi serta perannya. 4.2. Menggunakan tanda titik dua ( : ) dalam kalimat. | o Siswa sanggup memahami obrolan atau percakapan dengan benar. o Siswa sanggup melengkapi obrolan yang belum selesai. o Siswa sanggup menulis obrolan dengan tema yang telah ditentukan. o Siswa sanggup memperagakan obrolan di depan kelas. o Siswa sanggup memahami penggunaan tanda baca titik dua ( : ). o Siswa sanggup memakai tanda titik dua ( : ). | Teks dialog | o Memahami obrolan atau percakapan. o Melengkapi obrolan yang belum selesai. o Menulis obrolan dengan tema yang telah ditentukan. o Memperagakan obrolan di depan kelas. o Memahami penggunaan tanda titik dua ( : ) o Menggunakan tanda titik dua ( : ). | 1 x pertemuan 2 x 35 menit | o Kurikulum 2006 KTSP. o Buku Bina Bahasa Indonesia hal. 69-72. | o Tertulis o Portofolio o Lisan o Tugas |
Pelajaran 6
SILABUS
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Memahami klarifikasi nara sumber dan dongeng rakyat secara lisan.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
1.Mendengarkan 1.1.Memahami klarifikasi nara sumber dan dongeng rakyat secara lisan. | o Siswa sanggup memahami alur dongeng dalam dongeng rakyat. o Siswa sanggup mendengarkan pembacaan dongeng rakyat yang dibacakan guru. o Siswa sanggup menjawab pertanyaan secara lisan. o Siswa sanggup mengisi table alur dongeng secara kelompok. o Siswa sanggup menceriterakan kembali dongeng rakyat yang didengar dengan kata-kata sendiri | Teks Cerita Rakyat | o Memahami unsure alur dalam dongeng rakyat. o Mendengarkan dongeng rakyat yang dibacakan guru. o Menjawab pertanyaan secara lisan. o Mengisi table alur dongeng rakyat secara kelompok. o Menceriterakan kembali dongeng rakyat yang didengar dengan kata-kata sendiri. | 1x pertemuan 2 x 35 menit | o Kurikulum 2006 KTSP. o Cerita rakyat Buku Bina Bahasa Ind hal : 84-85 o CD/kaset | o Lisan. o Tertulis |
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Mengungkap pikiran,pendapat,perasaan,fakta secara ekspresi dengan menanggapi suatu persoalan,menceriterkan hasil pengamatan atau berwawancara.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
2.Berbicara 2.1. Menceriterakan hasil pengamatan/kunjungan dengan bahasa runtut,baik dan benar . | o Siswa sanggup memahami laporan hasil kunjungan. o Siswa sanggup menciptakan laporan hasil kunjungan dengan benar. o Siswa sanggup memberikan hasil laporan dengan benar. o Siswa sanggup menanggapi isi laporan kunjungan. | Teks Laporan Hasil Kunjungan | o Memahami laporan hasil kunjungan. o Membuat laporan hasil kunjungan. o Menyampaikan hasil laporan kunjungan. o Menanggapi isi laporan kunjungan. | 1 x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 teks percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 85-87 | o Lisan o Tertulis o Portofolio |
Pelajaran 6
SILABUS
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Memahami Teks dengan membaca teks percakapan,membaca cepat 75 kata permenit dan membaca puisi.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
3.Membaca 3.1.Menemukan gagasan utama suatu teks yang dibaca dengan kecepatan 75 kata/menit. | o Siswa dapat.membaca bacaan dengan kecepatan 75/menit. o Siswa sanggup mencatat hal-hal penting dari bacaan yang dibaca . o Siswa sanggup mengajukan dan menjawab pertanyaan menurut isu bacaan yang dibaca. o Siswa sanggup menceriterakan kembali isi bacaan yang dibaca. | Teks Bacaan | o Membaca bacaan dengan kecepatan 75 kata/menit. o Mencatat hal-hal penting dari bacaan yang dibaca. o Mengajukan dan menjawab pertanyaan menurut isu bacaan yang telah dibacat. o Menceriterakan kembali isi bacaan yang telah dibaca. | 1x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 Bacaan percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 87-90 | o Lisan. o Tertulis |
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Mengungkapkan pikiran,perasaan,informasi dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan,surat seruan dan obrolan tertulis.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
4.Menulis 4.1. Menulis karangan menurut pengalaman dengan memperhatikan pilihan kata dan penggunaan ejaan. | o Siswa sanggup memahami penggunaan kata penghubung tetapi. o Siswa sanggup menciptakan kalimat dengan kata tetapi. o Siswa sanggup menguraikan kalimat dengan kata penghubung tetapi menjadi kalimat tunggal. o Siswa sanggup mengurutkan gambar seri dengan benar. | Teks Gambar Seri | o Memahami penggunaan kata penghubung tetapi. o Membuat kalimat dengan kata tetapi. o Menguraikan kalimat dengan kata penghubung tetapi menjadi kalimat tunggal. o Mengurutkan gambar seri dengan tepat. | 1 x pertemuan 2 x 35 menit | o Kurikulum 2006 KTSP. o Buku Bina Bahasa Indonesia hal. 90-92. | o Tertulis |
Pelajaran 7
SILABUS
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Memahami klarifikasi nara sumber dan dongeng rakyat secara lisan.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
1.Mendengarkan 1.1. Mengidentifikasi unsure dongeng wacana dongeng rakyat yang dibacakan | o Siswa sanggup mendengarkan pembacaan dongeng rakyat. o Siswa sanggup menjawab pertanyaan secara lisan. o Siswa sanggup mendaftar unsure-unsur dongeng rakyat. o Siswa sanggup menceriterakan dongeng rakyat dengan kata-kata sendiri. | Teks Cerita Rakyat | o Mendengarkan pembacaan dongeng rakyat. o Menjaawab pertanyaan secara lisan. o Mendaftar unsure-unsur dongeng rakyat. o Menceriterakan kembali dongeng rakyat yang telah dibaca. | 1x pertemuan 2 x 35 menit | o Kurikulum 2006 KTSP. o Cerita rakyat Buku Bina Bahasa Ind hal : 100-101 o CD/kaset | o Lisan. o Tertulis |
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Mengungkap pikiran,pendapat,perasaan,fakta secara ekspresi dengan menanggapi suatu persoalan,menceriterkan hasil pengamatan atau berwawancara.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
2.Berbicara 2.1. Berwawancara secara sederhana dengan nara sumber (petani,pedagang,nelayan,karyawan dll) dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa. | o Siswa sanggup memperagakan percakapan. o Siswa sanggup hal-hal yang penting yang dibacakan. o Siswa sanggup menyusun daftar pertanyaan untuk wawancara. o Siswa sanggup melaksanakan wawancara dengan nara sumber. | Teks Wawancara | o Memperagakan wawancara. o Mencatat hal-hal penting yang dibaacakan. o Menyusun daftar pertanyaan untuk wawancara. o Melakukan wawancara dengan nara suber. | 1 x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 teks percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal.101-103 | o Lisan o Tertulis |
Pelajaran 7
SILABUS
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Memahami Teks dengan membaca teks percakapan,membaca cepat 75 kata permenit dan membaca puisi.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
3.Membaca 3.1. Menemukan gagasan utama suatu teks yang dibaca dengan kecepatan 75 kata/menit | o Siswa dapat.membaca teks bacaan dengan intonasi yang tepat. o Siswa sanggup menjawab pertanyaan bacaan . o Siswa sanggup meringkas teks bacaan. o Siswa sanggup menentukan gagasan utama dalam bacaan. | Teks Bacaan | o Membaca bacaan dengan lafal dan isu yang tepat. o Menjawab pertanyaan. o Meringkas teks bacaan. o Menentukan gagasan utama bacaan. | 1x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 Bacaan percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 103-105 | o Penugasan o Tertulis |
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Mengungkapkan pikiran,perasaan,informasi dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan,surat seruan dan obrolan tertulis.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
4.Menulis 4.1. Menulis obrolan sederhana antara dua atau tiga tokoh dengan memperhatikan isi serta perannya. 4.2. Menggunakan tanda seru ( ! ) dalam kalimat | o Siswa sanggup membaca teladan dan kesimpulan isi dialog. o Siswa sanggup memperagakan percakapan dan menyimpulkan isi percakapan. o Siswa sanggup menulis obrolan dengan tema yang telah ditentukan menurut gambar. o Siswa sanggup memperagakan obrolan tang dibentuk di depan kelas. o Siswa sanggup memahami penggunaan tanda seru ( ! ) dalam kalimat. o Siswa sanggup membubuhi tanda seru ( ! ) dalam kalimat. o Siswa sanggup menciptakan kalimat dengan mengguanakan tanda sseru ( ! ) | Teks Dialog | o Membaca teladan dan kesimpulan dialog. o Memperagakan percakapan dan menyimpulkan isi dialog. o Menulis obrolan dengan tema yang telah ditentukan menurut gambar. o Memperagakan obrolan yang dibuat. o Memahami penggunaan tanda seru ( ! ) dalam kalimat. o Membubuhi tanda seru ( ! ) dalam kalimat. o Membuat kalimat seru. | 1 x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 KTSP. Buku Bina Bhs Indonesia hal. 105-108 | o Tertulis o Tertulis o Penugasan |
Pelajaran 8
SILABUS
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Memahami klarifikasi nara sumber dan dongeng rakyat secara lisan.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
1.Mendengarkan 1.1. Menanggapi klarifikasi nara sumber (petani,pedagang,nelayan,karyawan,dll) dengan memperhatikan santun berbahasa. | o Siswa sanggup mendengarkan klarifikasi nara sumber. o Siswa sanggup menjawab pertanyaan menurut klarifikasi nara sumber. o Siswa sanggup mencatat pokok-pokok pembicaraan dari nara sumber. o Siswa sanggup menanggapi isi klarifikasi dari nara sumber. | Teks Penjelasan Nara Sumber | o Mendengarkan klarifikasi dari nara sumber. o Menjaawab pertanyaan menurut klarifikasi dari nara sumber. o Mencatat pokok-pokok pembicaraan dari nara sumber. o Menanggapi isi klarifikasi dari nara sumber. | 1x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 KTSP. Buku Bina Bahasa Indonesia hal 116-117 | o Lisan. o Tertulis |
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Mengungkap pikiran,pendapat,perasaan,fakta secara ekspresi dengan menanggapi suatu persoalan,menceriterkan hasil pengamatan atau berwawancara.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
2.Berbicara 2.1. Menanggapi suatu problem atau kejadian dan memperlihatkan saran pemecahannya dengan memperhatikan pilihan pilihan kata dan santun berbahasa. | o Siswa sanggup memperagakan percakapan di depan kelas. o Siswa sanggup menjelaskan perkara atau kejadian dengan menjawab pertanyaan. | Teks Percakapan | o Memperagakan percakapan di depan kelas. o Menjelaskan perkara dengan menjawab pertanyaan. | 1 x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 teks percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal.117-119 | o Lisan o Tertulis |
Pelajaran 8
SILABUS
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Memahami Teks dengan membaca teks percakapan,membaca cepat 75 kata permenit dan membaca puisi.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
3.Membaca 3.1. Menemukan gagasan utama suatu teks yang dibaca dengan kecepatan 75 kata/menit | o Siswa dapat.membaca selkilas teks tata tertib. o Siswa sanggup menjawab pertanyaan menurut teks tata tertib. o Siswa sanggup menulis teks tata tertib sekolah. o Siswa sanggup menentukan gagasan utama dalam bacaan. | Teks Tata Tertib Sekolah | o Membaca sekilas tata tertibt. o Menjawab pertanyaan menurut tata tertib. o Menjelaskan isi tata tertib. o Menulis tata tertib sekolah. | 1x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 Bacaan percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 119-121 | o Lisan o Tertulis |
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Mengungkapkan pikiran,perasaan,informasi dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan,surat seruan dan obrolan tertulis.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
4.Menulis 4.1. Menulis karangan menurut pengalaman dengan memperhatikan pilihan kata dan penggunaan ejaan. | o Siswa sanggup menentukan judul karangan. o Siswa sanggup melengkapi bab awal,tengah,akhir cerita. o Siswa sanggup menulis karangan menurut pengalaman. o Siswa sanggup membaca karangan yang dibuat. o Siswa sanggup memahami penggunaan kata “tanpa”. | Teks Karangan | o Menentukan judul karangan. o Melengkapi bab awal,tengah,akhir cerita. o Menulis karangan menurut pengalaman. o Membaca karangan yang dibentuk sendiri. o Memahami penggunaan kata “tanpa” dalam kalimat. | 1 x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 KTSP. Buku Bina Bhs Indonesia hal. 121-124. | o Tertulis o Potofolio |
Pelajaran 9
SILABUS
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Memahami klarifikasi nara sumber dan dongeng rakyat secara lisan.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
1.Mendengarkan 1.1. Mengidentifikasi unsure dongeng wacana dongeng rakyat yang didengarnya. | o Siswa sanggup mendengarkan pembacaan dongeng rakyat. o Siswa sanggup menentukan unsure-unsur cerita. o Siswa sanggup memberikan amanat/pesan dongeng secara lisan. o Siswa sanggup menceriterakan kembali dongeng rakyat yang didengar dengan kata-kata sendiri. o Siswa sanggup menulis jawaban mengenai isi dongeng rakyat. | Teks Cerita Rakyat | o Mendengarkan pembacaan dongeng rakyat. o Menentukan unsure-unsur cerita. o Menyampaikan amanat/pesan dongeng yang didengar. o Menceriterakan kembali dongeng yang didengar. o Menulis jawaban mengenai dongeng rakyat yang didengar. | 1x pertemuan 2 x 35 menit | o Kurikulum 2006 KTSP. o Cerita rakyat Buku Bina Bahasa Ind hal : 132-133 | o Lisan. o Tertulis |
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Mengungkap pikiran,pendapat,perasaan,fakta secara ekspresi dengan menanggapi suatu persoalan,menceriterkan hasil pengamatan atau berwawancara.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
2.Berbicara 2.1. Menanggapi problem atau kejadian dan memperlihatkan saran pemecahannya dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa | o Siswa sanggup memperagakan teks percakapan. o Siswa sanggup menanyakan problem yang dibicarakan. o Siswa sanggup memperlihatkan pendapat terhadap suatu persoalan. | Teks Percakapan | o Memperagakan teks percakapan secara berpasangan di depan kelas. o Menanyakan problem yang dibicarakan. o Memberikan pendapat terhadap suatu persoalan. | 1 x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 teks percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal.133-135 | o Lisan o Tertulis |
Pelajaran 9
SILABUS
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Memahami Teks dengan membaca teks percakapan,membaca cepat 75 kata permenit dan membaca puisi.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
3.Membaca 3.1. Membaca puisidengan lafal dan intonasi yang tepat. | o Siswa dapat.membaca puisi dengan ekpresi dan penghayatan yang tepat. o Siswa sanggup menjelaskan isi puisi yang dibaca dalam beberapa kalimat. o Siswa sanggup menciptakan puisi dan membacanya. o Siswa sanggup menilai dan mengomentari puisi yang dibacakan teman. | Teks Puisi Anak | o Membaca puisi dengan ekspresi dan penghayatan yang tepat. o Menjelaskan isi puisi yang dibaca dalam beberapa kalimat. o Membuat puisi dan membacanya. o Menilai dan mengomentari puisi yang dibacakan teman. | 1x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 Bacaan percakapan Buku Bina Bahasa Indonesia hal : 135-137 | o Lisan o Tertulis |
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : Mengungkapkan pikiran,perasaan,informasi dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan,surat seruan dan obrolan tertulis.
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Belajar | Alokasi Waktu | Alat dan Sumber Bahan | Penilaian |
4.Menulis 4.1. Menulis surat seruan (ulang tahun,acara keagamaan, kegiatan sekolah,kenaikan sekolah dll) dengan kalimat efektif dan memperhatikan penggunaan ejaan. | o Siswa sanggup memahami bagian-bagian surat seruan resmi. o Siswa sanggup melengkapi surat seruan dengan tepat. | Teks Undangan Resmi | o Memahami bagian-bagian surat seruan resmi. o Melengkapi surat seruan dengan tepat. | 1 x pertemuan 2 x 35 menit | Kurikulum 2006 KTSP. Buku Bina Bhs Indonesia hal. 138-140 | o Tertulis o Portofolio |